Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Sistem Pengenalan Wajah Penumpang 

Bakal tersedia di keberangkatan Terminal 3

Jakarta, IDN Times - PT Angkasa Pura II menyiapkan sistem pengenalan wajah dengan teknologi biometrik bagi penumpang pesawat pada proses keberangkatan di Bandara Soekarno-Hatta. President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, sistem tersebut merupakan implementasi transformasi digital yang dijalankan AP II sejak 2016.

Saat ini, sistem pengenalan wajah tersebut masih dalam proses verifikasi Direktorat Keamanan Penerbangan Kementerian Perhubungan, untuk memastikan proses ini memenuhi aspek keamanan penerbangan.

"Penggunaan face recognition yang tengah disiapkan ini merupakan salah satu program AP II dalam melakukan digitalisasi secara masif di aspek pelayanan, keamanan, dan operasional bandara," kata Awaluddin dilansir ANTARA, Rabu (10/11/2021).

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta Bisa Pakai Antigen

1. Sistem pengenalan wajah bakal tersedia di Security Check Point 2 Terminal 3

Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Sistem Pengenalan Wajah Penumpang Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Awaluddin menjelaskan, sistem pengenalan wajah pada tahap awal akan tersedia di Security Check Point 2 (SCP 2) Terminal 3 Keberangkatan Domestik Bandara Soekarno Hatta. SCP 2 merupakan tempat pemeriksaan keamanan sebelum penumpang menuju boarding lounge untuk menunggu naik ke pesawat.

"Melalui digitalisasi, maka penumpang pesawat dapat merasakan pengalaman baru yang kami sebut dengan NEXT Airport 4.0. Tujuannya adalah meningkatkan sektor kebandarudaraan nasional ke level lebih tinggi lagi dari sekarang, dan sejalan dengan global best practice," ujarnya.

2. Sistem pengenalan wajah bakal memudahkan penumpang

Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Sistem Pengenalan Wajah Penumpang Ilustrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) (Dok. Angkasa Pura II)

Menurutnya, sistem pengenalan wajah akan memudahkan proses keberangkatan penumpang. Sebab, penumpang tak harus menunjukkan dokumen fisik saat diperiksa.

"Selain meningkatkan pengalaman digitalisasi di bandara, calon penumpang pesawat juga dapat merasakan sealess journet experience," ujarnya.

3. Sistem pengenalan wajah didukung aplikasi travelin AP II

Bandara Soekarno-Hatta Siapkan Sistem Pengenalan Wajah Penumpang Aplikasi Travelin: Airport & Travel (dok.Playstore)

Chief Project Business Digital Airport AP II Wahyu Cahyadi mengatakan, penerapan sistem pengenalan wajah itu didukung dengan aplikasi travelin milik AP II. Aplikasi itu dapat diunduh di Android dan iOs.

Setelah aplikasi diunduh, pengguna bisa melakukan pendaftaran. Data yang diberikan nantinya akan divalidasi oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

Setelah itu, calon penumpang akan mendapatkan travelinPass yang tervalidasi aplikasi PeduliLindungi.

Baca Juga: Penumpang Internasional Wajib PCR Saat Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya