Banyak Keluhan PPDB Online, Disdik DKI Pertimbangkan Pembagian Waktu 

Disdik DKI klaim persiapan teknis PPDB sudah luar biasa

Jakarta, IDN Times - Dinas Pendidikan DKI Jakarta mempertimbangkan pembedaan waktu pendaftaran berdasarkan jenjang pendidikan usai banyak menerima keluhan permasalahan penerimaan peserta didik baru (PPDB) online 2021. PPDB online DKI Jakarta baru dimulai pada Senin, 7 Juni 2021.

"Kami sudah maksimal, tapi kalau terjadi seperti ini, (server lambat) mending kita cari solusi," kata Humas Dinas Pendidikan Taga Radja Gah dalam diskusi virtual yang digelar oleh Komisi Informasi DKI Jakarta seperti dilansir ANTARA.

"Apakah memang perlu berbeda waktu (pendaftaran) antara SMP, SMA dan SMK, tapi nanti kita akan sampaikan ke pimpinan," tambahnya.

1. Disdik DKI klaim persiapan teknis PPDB online sudah luar biasa meski dikeluhkan

Banyak Keluhan PPDB Online, Disdik DKI Pertimbangkan Pembagian Waktu Ilustrasi PPDB (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Taga mengakui memang ada kendala yang dihadapi oleh para orang tua calon siswa, namun ia mengklaim Dinas Pendidikan DKI Jakarta siap secara sistem dalam melaksanakan PPDB online 2021.

Dia menjelaskan kapasitas bandwidth yang digunakan sebesar delapan gigabyte, atau naik dua gigabyte dari tahun sebelumnya. Kemudian jumlah server sebanyak 65, total CPU 370 gigabyte, kemudian total RAM 815 gigabyte.

Lalu total hardisk-nya itu hampir 109.030 gigabyte. Selain itu, fasilitas back up data dari Disdik disiapkan di dua lokasi, yakni di Singapura dan di Indonesia.

"Artinya sesungguhnya ini luar biasa persiapan teknisnya. Makanya sedang kita kaji nih, mohon doanya. Sekali lagi, keterlambatan ini bukan sebuah kesengajaan. Kita berbulan-bulan persiapan ini, gak main-main," kata Taga.

Baca Juga: Situs PPDB DKI Jakarta Lemot, Begini Penjelasan Ketua Panitia

2. Ketua panitia klaim tidak ada gangguan sistem dalam PPDB Online DKI

Banyak Keluhan PPDB Online, Disdik DKI Pertimbangkan Pembagian Waktu Suasana PPDB 2020 di Lebak di tengah pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Pelaksana tugas (Plt) Wakil Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Slamet tak membantah bahwa ada gangguan dalam sistem PPDB Tahun Ajaran 2021/2022. Namun, ia membantah sistem pendaftaran down atau mati.

Slamet menjelaskan, arus pendaftaran PPDB Jakarta pada hari pertama ini sangat tinggi. Alasannya, kata Slamet, pendaftaran yang dibuka pada hari pertama untuk tingkat SMP dan SMA dari jalur prestasi.

"Karena jalur prestasi tidak mengenal zona, maka siapapun dari manapun, sepanjang itu warga DKI dan sudah terdaftar di dalam Sidanira ini melakukan pendaftaran hari ini," ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia PPDB itu.

Slamet mengatakan timnya tengah berupaya mengatasi pelambatan di sistem pendaftaran tersebut. Beberapa upaya yang dilakukan, lanjut dia, seperti peningkatan bandwidth dan server pendaftaran PPDB.

3. Disdik DKI pertimbangkan perpanjangan waktu pendaftaran akun

Banyak Keluhan PPDB Online, Disdik DKI Pertimbangkan Pembagian Waktu (Ilustrasi). Siswa dan wali murid berkonsultasi dengan petugas pusat layanan informasi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMA 7 Solo, Jawa Tengah, Selasa (2/7/2019). ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sebagai informasi, PPDB Tahun Pelajaran 2021/2022 di DKI Jakarta dimulai pada Senin, 7 Juni 2021 secara online mulai pukul 08.00 WIB. Proses PPDB bakal dibuka hingga Rabu, 9 Juni 2021 pukul 14.00 WIB.

Untuk pendaftaran daring, orang tua murid harus melakukan ajuan akun, mengisi formulir secara daring untuk mendapatkan token atau pin sehingga dapat mengaktivasi akun kemudian melakukan pendaftaran sekolah yang diinginkan.

Setelah pendaftaran dibuka, orang tua calon siswa SMA dilaporkan tidak bisa melakukan ajuan akun. Berkali-kali mengulangi mengisi formulir di ajuan akun, tetapi tidak bisa dilanjutkan ke tahap cek verifikasi akun. Disdik DKI Jakarta berencana memperpanjang waktu pendaftaran akun hingga 10 Juni 2021 pukul 14.00 WIB.

Baca Juga: PPDB 2021 DKI Jakarta Dimulai, Pemprov: Daya Tampung Sekolah Terbatas

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya