Bareskrim Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Rumah DP Rp0  

Sejumlah pihak telah dipanggil untuk dimintai keterangan

Jakarta, IDN Times - Direktorat Tindak Pidana Korupsi (Ditipikor) Bareskrim Mabes Polri menyelidiki kasus dugaan korupsi terkait pembelian aset oleh PD Sarana Jaya tahun 2018-2020.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Argo Yuwono, mengatakan pembelian aset itu terkait proyek perumahan DP Rp0 yang menjadi Program Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat kampanye.

“Ya, sedang dimintai klarifikasi,” kata Argo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (10/3).

Namun begitu, Argo enggan membeberkan siapa saja pihak-pihak yang sudah diklarifikasi.

1. Sarana Jaya membenarkan pihaknya dipanggil Bareskrim Polri

Bareskrim Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Rumah DP Rp0  (Rumah DP 0 rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur) IDN Times/Dini Suciatiningrum

Dikofirmasi terpisah, Sarana Jaya membenarkan bahwa Bareskrim Polri telah melayangkan surat pemanggilan. Menurut Humas Sarana Jaya, Keren Margaret Vicer, ada sejumlah orang yang dimintai keterangan oleh polisi.

"Memang betul kita memang ada surat panggilan dari Bareskrim Polri terkait hal itu," ujarnya.

2. Sarana Jaya punya dua lahan yang disiapkan untuk rumah DP Rp0

Bareskrim Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Rumah DP Rp0  Ground breaking rumah DP 0 cilangkap (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sarana Jaya saat ini sudah punya dua lahan yang disiapkan untuk membangun hunian DP Rp0. Kedua lahan itu berada di Pondok Kelapa dan Cilangkap, Jakarta Timur.

“Kalau untuk detailnya kami masih belum tahu karena kan itu memang ranahnya Kepolisian seperti apa,” jelasnya.

3. Sarana Jaya tak sebutkan siapa saja yang dipanggil Bareskrim

Bareskrim Selidiki Dugaan Korupsi Pengadaan Lahan Rumah DP Rp0  IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Margaret enggan menjelaskan siapa pihak Sarana Jaya yang dipanggil oleh aparat kepolisian untuk dimintai keterangan. Namun, ia mengklaim Sarana Jaya kooperatif karena memenuhi panggilan Bareskrim.

“Ada beberapa karyawan Sarana Jaya (yang diperiksa). Untuk saat ini info yang bisa kita sampaikan kita kooperatif. Sudah beberapa minggu terakhir ini (dilakukan pemeriksaan),” jelasnya.

Baca Juga: Dua Cawagub DKI Temui Anies Baswedan, Serahkan Sejumlah Dokumen 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya