Comscore Tracker

Begini Kronologi Ambulans Diduga Bawa Batu Saat Kerusuhan Versi PMI

Petugas PMI malah diserang oknum aparat ketika kerusuhan

Jakarta, IDN Times - Akun media sosial Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya dini hari tadi mengunggah sebuah video yang menyebut bahwa ada lima ambulans berlogo Pemprov DKI Jakarta yang diduga membawa batu dan bensin.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membantah bahwa seluruh ambulans yang ditahan di Polda Metro Jaya milik Pemprov DKI. Menurutnya ambulans milik Pemprov DKI hanya satu sedangkan sisanya milik Palang Merah Indonesia (PMI).

Melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times pada Kamis (26/9), pihak PMI Jakarta Timur tidak mengakui bahwa ambulans tersebut membawa batu maupun bensin.

Kepala Markas PMI Jakarta Timur, Euis Komalasari mengatakan pihaknya malah diserang oknum aparat ketika kerusuhan terjadi dengan dalih mencari batu dan bensin.

"Petugas PMI terkena pukulan di bagian kepala bahkan salah satu perawat kami jatuh tersungkur ke belakang stretcher karena didorong dan kemudian diinjak oleh salah satu oknum anggota Brimob," ujar Komalasari.

Bahkan, kaca ambulans pecah karena dipukuli oleh oknum tersebut. Sejumlah petugas medis di dalam ambulans sempat dibawa ke belakang gedung untuk diamankan.

"Setelah itu ambulans jalan diarahkan ke Polda," jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Anies masih sabar menunggu penyelidikan Polda. Namun, ia yakin para petugas medis telah bekerja sesuai standar.

"Saya percaya ambulans kita ikutin SOP dan prosedur itu sudah dilakukan lama dari kemarin-kemarin, sejak bertahun-tahun bekerja sesuai sop," ucap Anies.

Ia pun meminta masyarakat agar tak terpancing dengan kabar yang belum terkonfirmasi khususnya dari media sosial.

"Mari kita lebih tenang tidak terbawa berita-berita yang belum terkonfirmasi dan lagi-lagi jangan terpancing untuk berdebat, beradu argumentasi, adu domba tanpa ada tujuan yang jelas. Kita bangun situasi yang tenang," ujar Anies.

Saat ini unggahan tersebut telah dihapus dari Twitter namun masih bisa dilihat di Facebook dan Instagram resmi milik TMC Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Anies Buka Suara Soal Dugaan Ambulans Pemprov Bawa Batu dan Bensin

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya