Begini Saran Politikus Demokrat Jika Reuni 212 Akan Digelar di Monas

Ini demi menjaga nama baik reuni 212

Jakarta, IDN Times - Rencana Reuni 212 di Monumen Nasional (Monas) tengah disorot. Sebab, kegiatan tersebut berpotensi mengundang kerumunan massa saat pandemik COVID-19. Politikus Partai Demokrat Mujiyono memberikan saran apabila Reuni 212 tetap ingin dilaksanakan pada masa pandemik.

"Saya menyarankan kalau kegiatan peringatan 212 ini dibentuk kegiatan sosial perekonomian aja. Ini menjaga nama baik 212," ujar Mujiyono, Kamis (12/11/2020).

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta ini yakin citra peserta dan penyelenggaraan Reuni 213 akan baik, apabila mengganti kegiatan reuni dengan membantu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atau kegiatan sosial.

"Kan lebih simpatik," ujar dia.

Baca Juga: PA 212 Demo Omnibus Law, Wagub DKI Minta Jangan Rusak Fasilitas Umum

1. Kerumunan saat Reuni 212 dikhawatirkan menularkan COVID-19

Begini Saran Politikus Demokrat Jika Reuni 212 Akan Digelar di MonasANTARA FOTO/Galih Pradipta

Mujiyono mengaku khawatir apabila Reuni 212 tetap digelar seperti biasa akan membuat citranya rusak. Sebab, tak ada yang bisa menjamin seluruh peserta taat protokol kesehatan seperti memakai masker ketika berkerumun.

"Siapa tahu ada sejumlah orang tanpa gejala, dia berinteraksi dengan banyak orang dan menularkan orang lain. Jangan gara-gara satu-dua orang gak pakai masker, diekspose, akhirnya dianggap tidak tertib protokol kesehatan dan pada akhirnya mencemarkan mama baik 212 sendiri," kata dia.

2. Kalau ingin dilaksanakan, Reuni 212 harus terapkan protokol kesehatan

Begini Saran Politikus Demokrat Jika Reuni 212 Akan Digelar di MonasANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Mujiyono menyarankan agar Reuni 212 tidak dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun, ia tak melarang apabila tetap ingin dilakukan, asal dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kalau ingin berkumpul, jaga jarak (dan) separuh dari jumlah kapasitas," kata dia.

3. Wagub DKI Jakarta tegaskan Monas belum boleh dibuka

Begini Saran Politikus Demokrat Jika Reuni 212 Akan Digelar di MonasMonumen Nasional (IDN Times/Besse Fadhilah)

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku belum tahu rencana Reuni 212 kembali digelar di Monas. Namun, ia menegaskan Monas sampai saat ini belum boleh dibuka karena pandemik COVID-19.

“Sampai hari ini belum diperkenankan dibuka," kata Riza.

Baca Juga: Ketua Panitia Reuni 212: MUI Pusat Ingin Aksi 212 Ditiadakan

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya