Begini Tanggapan Anies Soal Prediksi 71 Ribu Pendatang Usai Lebaran

Anies tetap berharap semua orang gak bergantung pada Jakarta

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menanggapi santai soal kabar 71 ribu pendatang baru yang diprediksi ke Jakarta usai Lebaran 2019.

Menurutnya fenomena itu harus ditanggapi dengan prosedur seperti biasanya.

1. Bukan operasi terminal dan stasiun

Begini Tanggapan Anies Soal Prediksi 71 Ribu Pendatang Usai LebaranIDN Times/Marisa Safitri

Anies mengatakan dalam menyikapi pendatang baru di Jakarta pihaknya tidak melakukan operasi di terminal-terminal dan stasiun-stasiun di Jakarta, melainkan memberi pelayanan bagi yang membutuhkan.

"(Prosesnya) Biasa, kan kalau warga datang harus melapor pada RT dan RW. Kemudian kalau tinggal lebih dari 24 jam harus lapor. Prosesnya harus seperti itu saja," katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (10/6).

2. Anies berharap tenaga kerja di Jakarta bisa lebih banyak

Begini Tanggapan Anies Soal Prediksi 71 Ribu Pendatang Usai LebaranIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Anies mengklaim pertumbuhan ekonomi Jakarta berada di atas rata-rata sehingga pihaknya akan terus mendorong kemudahan izin usaha serta memfasilitasi beragam kebutuhan investasi agar perekonomian ibu kota terus tumbuh.

"Jadi harapannya nanti tenaga kerja yang tersedia bisa lebih banyak," katanya.

Baca Juga: Anies: Tak Ada Operasi Justitia pada Warga Pendatang Ibu Kota

3. Diharapkan tak semua orang bergantung pada Jakarta

Begini Tanggapan Anies Soal Prediksi 71 Ribu Pendatang Usai LebaranIDN Times/Fitang Budhi Adhitia

Meski demikian, beberapa waktu lalu Anies berharap para pendatang tidak bergantung pada Jakarta saja untuk mengadu nasibnya. Sebab, menurutnya saat ini pemerintah sudah masif melakukan pembangunan di berbagai daerah untuk pemerataan ekonomi.

"Kami berharap dengan ada pembangunan di banyak wilayah di Indonesia, maka lapangan pekerjaan pun tersedia di banyak tempat. Kalau dulu lapangan pekerjaan memang terkonsentrasi di DKI, sekarang ada banyak tempat lapangan kerja, jadi kami berharap itu akan terjadi," jelas Anies.

4. Pendatang ke Jakarta diprediksi meningkat

Begini Tanggapan Anies Soal Prediksi 71 Ribu Pendatang Usai LebaranIDN Times/Marisa Safitri

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI 2014-2016 ini memprediksi sekitar 71 ribu pendatang baru akan masuk ke Ibu Kota pada arus balik lebaran tahun ini. Angka ini meningkat dari tahun sebelumnya.

Anies mengatakan, tahun lalu angka pendatang baru yang masuk ke Ibu Kota setelah lebaran mencapai 69 ribu orang, namun tahun ini urbanisasi itu diprediksi akan meningkat.

"Tahun lalu jumlah pemudik itu 5.865.000 kemudian arus baliknya 5.934.000, selisihnya 69 ribu, tapi angka selisihnya itu dari tahun ke tahun tidak beda banyak. Kalau proyeksi kira-kira sekitar 71 ribu, dibandingkan tahun lalu 69 ribu," kata Anies.

Baca Juga: Diprediksi Capai 71 Ribu Orang, Anies Tak Larang Pendatang ke Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya