BEM SI Bakal Demo Tuntut Jokowi Respons Pemecatan Novel Baswedan Cs

BEM SI menilai KPK telah digembosi

Jakarta, IDN Times -  Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) bakal menggelar demonstrasi di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (27/9/2021).

Aksi tersebut digelar karena Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak merespons ultimatum mereka mengenai nasib Novel Baswedan dan 55 pegawai KPK yang bakal dipecat pada 30 September 2021.

"Iya benar," ujar Koordinator BEM SI, Nofian Fadil kepada IDN Times, Senin (27/9/2021).

1. Aksi dimulai pukul 10.00 WIB

BEM SI Bakal Demo Tuntut Jokowi Respons Pemecatan Novel Baswedan CsPergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) demo KPK (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Nofian menjelaskan semula aksi itu bakal digelar pukul 14.00 WIB. Namun, rencananya bakal dimajukan beberapa jam lebih cepat.

"Jam 10 kita jadinya," ujarnya.

Baca Juga: [WANSUS] Novel Baswedan: Saya Telah Berjuang, Koruptor Lebih Berkuasa

2. Jokowi dinilai tak menunjukkan keberpihakan pada Novel CS

BEM SI Bakal Demo Tuntut Jokowi Respons Pemecatan Novel Baswedan CsPresiden Jokowi tinjau vaksinasi door to door di Deli Serdang, Sumatra Utara pada Kamis (16/9/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mengutip keterangan tertulis yang beredar, BEM SI menilai Jokowi tak menunjukkan keberpihakannya pada pegawai KPK yang bakal dipecat. Selain itu, KPK dinilai tak lagi menjadi lembaga negara yang memberantasa korupsi, tapi melindungi korupsi.

"Bagaimana tidak? pegawai-pegawai jujur telah disingkarkan dengan adanya TWK dengan dalih wawasan kebangsaan hingga timbul fitnah dugaan taliban tanpa alasan," ujar Koodinator Media BEM SI Muhammad Rais.

3. BEM SI menilai KPK telah digembosi

BEM SI Bakal Demo Tuntut Jokowi Respons Pemecatan Novel Baswedan CsGedung Merah Putih KPK dijaga oleh Polisi. (IDN Times/Aryodamar)

Menurut BEM SI, KPK yang seharusnya memberantas korupsi di negeri ini justru digembosi saat gencar-gencarnya memberantas kasus besar korupsi. Rais menilai Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

"Maka dari itu, Aliansi BEM Seluruh Indonesia dengan Gerakan Selamatkan KPK mengajak seluruh Mahasiswa di Indonesia dari sabang sampai merauke dan seluruh elemen masyarakat untuk mengikuti Aksi Nasional yang diadakan di Gedung Merah Putih KPK," ujarnya.

Baca Juga: BEM SI dan Koalisi Masyarakat Kecam Pemanggilan BEM UI oleh Rektorat

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya