BEM SI Tuntut Ketua KPK Firli Bahuri Mundur dan Jokowi Tanggung Jawab

BEM SI kecewa dengan sikap Jokowi yang umbar janji

Jakarta, IDN Times - Aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) menuntut Presiden Joko "Jokowi" Widodo bertanggung jawab atas polemik tes wawasan kebangsaan (TWK) di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan mendesak Ketua KPK Firli Bahuri mundur jabatannya. Tuntutan itu disampaikan melalui aksi massa BEM SI di dekat Gedung Merah Putih KPK, Setiabudi, Jakarta Selatan, Senin (27/9/2021).

"(Kami) mendesak Presiden untuk bertanggung jawab dalam kasus upaya pelemahan terhadap KPK dengan mengangkat 57 pegawai KPK menjadi ASN (dan) menuntut Ketua KPK Firli Bahuri untuk mundur dari jabatannya karena telah gagal menjaga integritas dan Marwah KPK dalam pemberantasan korupsi," ujar Ketua BEM UNS Solo Zakky Zuhad selaku perwakilan BEM SI.

BEM SI juga menuntut Firli Bahuri untuk mencabut SK 652 dan SK pimpinan KPK Tentang pemberhentian 57 pegawai KPK yang dikeluarkan pada 13 September. Menurut Zakky, hal itu dipicu oleh TWK yang cacat formil secara substansi mengandung rasisme, terindikasi pelecehan dan mengganggu hak privasi dalam beragama.

BEM SI Tuntut Ketua KPK Firli Bahuri Mundur dan Jokowi Tanggung JawabInfografis Pemecatan 56 Pegawai KPK (IDN Times/Aditya Pratama)

1. BEM SI kecewa dengan sikap Firli Bahuri

BEM SI Tuntut Ketua KPK Firli Bahuri Mundur dan Jokowi Tanggung JawabAksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Menyikapi aksi hari ini, BEM SI menyayangkan sikap Firli yang mengabaikan mereka dan pergi ke Jambi. Selain itu, mereka juga kecewa dengan sikap aparat  yang dinilai berlebihan ketika aksi massa terjadi.

"Kami menyayangkan sikap aparat kepolisian yang tidak memberikan kami ruang untuk menyampaikan tuntutan dan aspirasi di depan Gedung Merah Putih KPK," ujarnya.

Baca Juga: KPK Didemo Massa BEM SI, Firli Bahuri Malah Terbang ke Jambi

2. BEM SI kecewa dengan sikap Jokowi yang umbar janji

BEM SI Tuntut Ketua KPK Firli Bahuri Mundur dan Jokowi Tanggung JawabAksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Tata Firza)

BEM SI menganggap sikap Jokowi seolah hanya mengumbar janji-janji. Menurut mereka, Jokowi hanya mengumbar janji saja dan tidak bertanggung jawab.

"Kami kecewa dengan sikap presiden yang telah melontarkan janji dari periode 1 sampai periode kedua namun beliau lepas daritanggung jawab di tengah kondisi KPK yang membutuhkan beliau," ujarnya.

3. BEM SI ajak semua elemen masyarakat terlibat

BEM SI Tuntut Ketua KPK Firli Bahuri Mundur dan Jokowi Tanggung JawabAksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

BEM SI mengingatkan bakal ada aksi serupa apabila tuntutan mereka belum dipenuhi. Zakky pun mengajak seluruh masyarakat mengikuti aksi massa yang bakal digelar selanjutnya.

"Kami mengajak seluruh elemen untuk bergabung, untuk merapatkan barisan, untuk turun ke jalan dan menyampaikan tuntutan yang hari ini belum bisa kami capai. kita capai bersama-sama," ujarnya.

Baca Juga: BEM SI Aksi Bela 56 Pegawai KPK, Faldo: Ini Kepentingan Siapa?

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya