Comscore Tracker

Bendera Merah Putih di Kejaksaan Agung Ikut Hangus Terbakar

Meski terbakar tapi tetap berkibar

Jakarta, IDN Times - Kebakaran yang terjadi pada Sabtu (23/8/2020) malam menghanguskan gedung utama Kejaksaan Agung, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Tak hanya itu, kebakaran juga menghanguskan sebagian bendera Merah Putih yang masih berkibar di tiangnya.

Pantauan IDN Times di lokasi, bendera tersebut masih berada di puncak tiang gedung Kejaksaan Agung. Namun, hampir seluruh bagian bendera berwarna putih bendera hangus terbakar.

Tak hanya bendera, spanduk Dirgahayu Republik Indonesia bergambar Jaksa Agung ST Burhanuddin juga hangus tak bersisa. Bahkan, tulisan Kejaksaan Agung dan logonya juga tak luput dari kobaran api.

1. Polisi batal olah TKP

Bendera Merah Putih di Kejaksaan Agung Ikut Hangus TerbakarKeadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman Dilalah Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Hingga Minggu siang, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) DKI Jakarta masih melakukan pendinginan gedung. Sesekali asap-asap masih terlihat menguap dari gedung yang berlokasi di seberang Mbloc Space itu.

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan, akibat gedung yang belum aman membuat olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) belum bisa dilakukan.

"Kita sudah cek lokasi. Namun, untuk olah TKP masih belum dimungkinkan hari ini. Agendanya hari ini adalah dari sore sampai malam masih akan dilakukan pendinginan lanjutan supaya tim Puslabfor Mabes Polri bersama tim olah TKP dari yang lainnya dalam kondisi aman untuk masuk," jelasnya di lokasi.

Baca Juga: Kapuspenkum: Berkas Perkara Korupsi 100 Persen Aman dari Kebakaran!

2. Sejumlah saksi telah diperiksa, CCTV juga diamankan

Bendera Merah Putih di Kejaksaan Agung Ikut Hangus TerbakarApi membakar gedung Kejaksaan Agung di Jakarta, Sabtu (22/8/2020). Kebakaran tersebut masih dalam penanganan pihak pemadam kebakaran (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Meski demikian, polisi telah memeriksa sejumlah saksi untuk dimintai keterangan. Selain itu, pihaknya juga telah mengamankan CCTV di lokasi.

"Ada dari Pamdal, ada dari pekerja di sini, juga internal Kejaksaan Agung untuk mengetahui blueprint bangunan yang dibutuhkan dalam pemeriksaan," jelasnya.

3. Ratusan personel Polisi dikerahkan untuk menjaga gedung

Bendera Merah Putih di Kejaksaan Agung Ikut Hangus TerbakarKeadaan Gedung Kejaksaan Agung Setelah Semalaman Dilalap Api pada Sabtu, 22 Agustus 2020 (IDN Times/Aryodamar)

Untuk sementara waktu, ratusan personel Polres Jakarta Selatan akan dikerahkan untuk menjaga gedung yang terbakar. Namun, jumlahnya akan terus berkembang sesuai dengan kebutuhan di lokasi.

"Yang menjaga gedung ini nanti akan ditindaklanjuti Kapolres Jakarta Selatan mungkin melibatkan sekitar 150-an personel," jelasnya.

Baca Juga: Damkar: Struktur Bangunan Gedung Utama Kejagung Mudah Terbakar

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya