Bicara di Forum ACWG G20 Bali, Ketua KPK: Koruptor Takut Dimiskinkan

KPK bicara pentingnya kolaborasi berantas korupsi

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa isu tindak pidana pencucian uang (TPPU), dalam pemberantasan korupsi pada forum Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 di Bali.

Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan hal tersebut penting, karena koruptor tidak takut dipenjara, melainkan dimiskinkan.

"Orang tidak takut hukuman badan, tapi takut dimiskinkan," ujar Firli, Kamis (7/7/2022).

Baca Juga: Rampas Uang dari 4 Koruptor, KPK Setor Rp5,5 Miliar ke Kas Negara

1. KPK bicara pentingnya kolaborasi

Bicara di Forum ACWG G20 Bali, Ketua KPK: Koruptor Takut DimiskinkanKetua KPK Firli Bahuri di Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 putaran kedua di Bali (dok. Humas KPK)

Firli mengatakan pemberantasan korupsi tidak akan bisa dilakukan hanya dengan melakukan penindakan atau menghukum orang. Sebab, koruptor baru kapok ketika dimiskinkan.

"Orang baru akan kapok kalau dikenakan TPPU, makanya kita ajak semua aparat penegak hukum agar setiap tindak pidana korupsi dilekatkan dengan TPPU," kata dia.

2. KPK juga sampaikan tiga strategi pemberantasan korupsi

Bicara di Forum ACWG G20 Bali, Ketua KPK: Koruptor Takut DimiskinkanPegiat antikorupsi dari ICW dan Gerakan #Bersihkan Indonesia melakukan aksi teaterikal "Habis Gelap Tak Kunjung Terang: Runtuhnya Pemberantasan Korupsi" di depan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (8/12/2021). ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Mantan Deputi Penindakan ini juga menyampaikan tiga strategi pemberantasan korupsi KPK pada forum ACWG G20. Tiga strategi yang disebut trisula pemberantasan korupsi, yaitu monitoring dan pencegahan korupsi; pendidikan dan partisipasi masyarakat; serta penindakan.

"Tiga pilar tersebut bekerja sama dan bersinergi. Pada tingkat global, kita semua setuju bahwa pendidikan dan pelatihan antikorupsi harus berada pada pendekatan yang kompherensif dan multidisiplin untuk mempromosikan transparansi, akuntabilitas, integritas, dan budaya. Ini adalah landasan pencegahan dan pemberantasan korupsi," Firli.

Baca Juga: KPK Panggil 14 Saksi Kasus TPPU Bupati Probolinggo Puput Tantriana

3. Ada sembilan delegasi negara G20 yang hadir langsung di Bali

Bicara di Forum ACWG G20 Bali, Ketua KPK: Koruptor Takut DimiskinkanWakil Ketua KPK Lili Pintauli di Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 putaran kedua di Bali (youtube.com/KPK RI)

Diketahui, ACWG G20 digelar di Bali sejak Selasa, 5 Juli 2022. Pertemuan yang berlangsung secara hybrid ini dihadiri secara langsung oleh sembilan Delegasi Negara Anggota G20 yakni Australia, Brasil, India, Inggris, Jerman, Prancis, Saudi Arabia, Korea Selatan, termasuk Indonesia sebagai Presidensi.

Kemudian sepuluh negara dan satu entitas hadir secara virtual yaitu Afrika Selatan, Amerika, Argentina, China, Italia, Jepang, Kanada, Meksiko, Rusia, Turki, dan Uni Eropa.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya