BNPB Kirim Tim Reaksi Cepat untuk Tangani Dampak Erupsi Gunung Semeru

Jokowi minta peristiwa ini ditangani secara tepat dan cepat

Jakarta, IDN Times - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Suharyanto mengklaim, pihaknya bergerak cepat dalam menangani bencana erupsi Gunung Semeru. Salah satu langkahnya adalah dengan mengirim Tim Reaksi Cepat ke lokasi bencana.

"Dari BNPB sudah mengirimkan Tim Reaksi Cepat untuk mendampingi BPBD Kabupaten Lumajang dan Provinsi Jawa Timur, yang bergerak bersama unsur dari Kementerian Kesehatan. Malam ini bergerak lewat darat dan bawa logistik antara lain selimut, terpal, makanan siap saji, matras, dan logistik dasar lainnya," ujar Suharyanto dalam konferensi pers virtual, Sabtu (4/12/2021).

Baca Juga: Potret Meletusnya Gunung Semeru, Semburan Awan Panas dan Bau Belerang 

1. Ada tiga lokasi pengungsian warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang

BNPB Kirim Tim Reaksi Cepat untuk Tangani Dampak Erupsi Gunung SemeruWarga Dusun Sumbersari, Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang mengungsi ke tempat yang lebih aman menyusul terjadinya banjir lahar dingin Gunung Semeru, Kamis (3/12/2020). Dok.Basarnas

Suharyanto mengatakan, saat ini sudah ada tiga lokasi pengungsian yang berdiri di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.  Lokasi pengungsian tersebut ada di tiga desa dan di dua kecamatan.

Berikut tiga lokasi pengungsian tersebut:

  1. Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang
  2. Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang
  3. Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang

2. Jokowi minta erupsi Gunung Semeru ditangani secara tepat dan tepat

BNPB Kirim Tim Reaksi Cepat untuk Tangani Dampak Erupsi Gunung SemeruPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Suharyanto sendiri akan mengunjungi lokasi bencana pada Minggu, 5 Desember 2021. Hal ini merupakan perintah dari Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

"Atas petunjuk Bapak Presiden, kami besok pagi kesempatan pertama akan segera ke Lumajang, ke daerah bencana untuk memastikan tahap-tahap penanganan darurat, khususnya penanganan pengungsi bisa berjalan secara cepat dan tepat, dan tentunya kebutuhan pengungsi terdukung maksimal," ujarnya.

3. BNPB minta tolong Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa

BNPB Kirim Tim Reaksi Cepat untuk Tangani Dampak Erupsi Gunung SemeruJenderal Andika Perkasa (YouTube.com/TNI AD)

Selain itu, BNPB juga telah menyurati Pangilma TNI Jenderal TNI Andika Perkasa untuk memberi bantuan berupa personel hingga peralatan. Selain itu, BNPB juga berkoordinasi dengan BPBD Jawa Timur dan Kabupaten Lumajang.

"Untuk memastikan langkah penanganan masyarakat, khususnya yang terdampak bencana erupsi ini kebutuhan dasarnya bisa maksimal. Kami mengimbau masyarakat khususnya di lokasi terdampak untuk tetap tenang, waspada, dan mengikuti informasi dari pemerintah. Jangan termakan hoaks atau berita menyesatkan," ujarnya.

Baca Juga: Kronologi Detik-Detik Erupsi Gunung Semeru Menurut BNPB

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya