BPBD Jakarta Klaim Banjir di 15 Titik Telah Surut

Heru Budi Hartono janji fokus urusi banjir Jakarta

Jakarta, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jakarta mengklaim banjir di 15 RT di Jakarta Timur dan Selatan sudah surut. Kepala BPBD Isnawa Adji banjir sudah surut berkat penyedotan tim gabungan.

"Ini berkat kolaboratif yang dilakukan BPBD bersama Dinas Sumber daya Air. Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, serta Dinas Bina Marga," ujar Isnawa, Minggu (6/11/2022).

1. Ada peran sejumlah pihak dalam surutnya banjir

BPBD Jakarta Klaim Banjir di 15 Titik Telah SurutSeorang anak bermain bola saat banjir melanda Tegal Parang di Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022 siang membuat sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Isnawa menjelaskan, ada sejumlah pihak yang turut membantu agar banjir cepat surut seperti Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, petugas PPSU Kelurahan, hingga unsur masyarakat. Mereka juga didkung pompa keliling untuk menyedot air.

"Peran dari unsur masyarakat juga dilibatkan seperti pihak RT/RW, forum komunikasi, dan tokoh masyarakat lainnya," jelas Isnawa.

Baca Juga: FOTO: Hujan Deras, Jakarta Direndam Banjir di Malam Minggu

2. BPBD tetap mengimbau masyarakat waspada adanya banjir

BPBD Jakarta Klaim Banjir di 15 Titik Telah SurutSejumlah kendaraan melintasi banjir yang menggenangi Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, Sabtu (5/11/2022). Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang melanda DKI Jakarta pada Sabtu 5 November 2022 siang membuat sejumlah wilayah Ibu Kota terendam banjir (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Meski telah surut, BPBD DKI mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan waspada terhadap potensi genangan.

Dalam keadaan darurat, masyarakat dapat menghubungi hubungi nomor telepon 112. Layanan ini gratis dan beroperasi selama 24 jam non stop.

3. Heru Budi Hartono janji fokus urusi banjir Jakarta

BPBD Jakarta Klaim Banjir di 15 Titik Telah SurutHeru Budi Hartono (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Diketahui, Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut permasalahan banjir menjadi salah satu fokusnya saat menjadi pimpinan sementara ibu kota. Hal ini juga diarahkan oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo kepadanya.

"Sebenarnya udah ada dari dulu permasalahan ini banjir, macet, dan tata ruang," ujarnya di pendopo Balai Kota, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Mau Ngadu ke Heru? Ini 15 Kanal Aduan Resmi Pemprov DKI Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya