[BREAKING] Kronologi Bupati Bogor Ade Yasin Kena OTT KPK di Rumah

KPK bagi 2 tim untuk menangkap Ade Yasin

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Bogor Ade Yasin pada Selasa, 28 April 2022. Ketua KPK, Firli Bahuri, mengungkapkan bahwa politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu ditangkap di rumahnya.

Firli menjelaskan, OTT bermula dari adanya laporan masyarakat soal dugaan pemberian uang dari Ade Yasin lewat orang kepercayaannya. Lalu, KPK bergerak untuk mengamankan orang-orang tersebut.

"Selasa (26/4/2022) pagi tim ke lapangan menuju ke salah satu hotel di Bogor. Namun, setelah para pihak menerima uang, selanjutnya mereka pulang ke Bandung, Jawa Barat," kata Firli dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (28/4/2022).

Hal itu membuat KPK membagi dua tim. Salah satu tim bergerak menuju Bandung untuk mengamankan para pegawai Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Jawa Barat beserta barang bukti.

"Tim mengamankan 4 pegawai BPK perwakilan Jawa Barat dimaksud, yang saat itu sedang berada kediamannya masing-masing di Bandung pada Selasa (26/4/2022) malam, dan saat itu juga tim langsung mengamankan dan membawa menuju gedung Merah Putih KPK di Jakarta," ujar Firli.

Pada saat yang bersamaan, KPK juga menangkap Ade Yasin dan beberapa pejabat dan ASN Pemkab Bogor lainnya di rumah masing-masing. Firli mengatakan, rumah para pihak itu berada di kawasan Cibinong, Kabupaten Bogor.

"Selanjutnya seluruh yang diamankan tersebut, dibawa ke Gedung Merah putih KPK di Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan intensif," ujar Firli.

Ade merupakan kepala daerah keempat yang tertangkap tangan melakukan tindak pidana korupsi oleh KPK. Sebelumnya, Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi, Bupati Langkat Terbit Rencana PA, dan Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas'ud teciduk KPK pada Januari 2022.

Ini merupakan operasi tangkap tangan kelima sepanjang 2022. Selain tangkap tangan pada tiga kepala daerah, KPK juga menagkap tangan Hakim Pengadilan Negeri Surabaya, Itong Isnaeni Hidayat.

Baca Juga: [BREAKING] KPK Sita Uang Rp1,024 M dari OTT Bupati Bogor Ade Yasin

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya