Comscore Tracker

[BREAKING] Menlu RI: Arab Saudi Segera Buka Pintu Umrah untuk Jemaah Indonesia

Arab Saudi siapkan aturan pelaksanaan umrah jemaah Indonesia

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Arab Saudi segera membuka pintu pelaksanaan ibadah umrah bagi jemaah asal Indonesia. Retno mengatakan kepastian itu didapat melalui nota diplomatik Kedutaan Besar Arab Saudi di Jakarta pada Jumat, 8 Oktober 2021. 

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jemaah umrah Indonesia," kata Retno Marsudi dalam konferensi pers virtual, Sabtu (9/10/2021). 

Berdasarkan informasi yang telah diterima Kedutaan, saat ini pihak berkompeten di Arab Saudi tengah menyiapkan pengaturan pelaksanaan umrah bagi jemaah Indonesia. 

Retno menjelaskan bahwa dalam nota diplomatik itu disebutkan juga bahwa kedua pihak sedang dalam tahap akhir pembahasan mengenai informasi terkait vaksinasi dan memfasilitasi proses masuknya jamaah umrah. 

"Nota diplomatik juga menyebutkan mempertimbangkan untuk menetapkan masa periode karantina selama 5 hari bagi para jemaah umrah yang tidak memenuhi standar kesehatan yang dipersyaratkan," jelasnya. 

Retno mengatakan Kementerian Luar Negeri akan terus melakukan koordinasi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan serta dengan otoritas terkait di Kerajaan Arab Saudi mengenai pelaksanaan kebijakan Pemerintah Arab Saudi yang baru ini. 

"Saya sendiri telah melakukan koordinasi dan komunikasi baik dengan Pak Menteri Kesehatan maupun dengan Pak Menteri Agama," katanya.

Baca Juga: Arab Saudi Hanya Membolehkan Umrah Sekali saat Pandemik COVID-19

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya