[BREAKING] Penyuap Juliari Batubara, Harry Van Sidabukke, Divonis 4 Tahun Penjara

Harry dinyatakan terbukti menyuap Juliari Rp1,28 miliar

Jakarta, IDN Times - Penyuap mantan Menteri Sosial Juliari Batubara dalam perkara bantuan sosial COVID-19 di Kementerian Sosial 2020, Harry Van Sidabukke, divonis empat tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider empat bulan kurungan. Vonis ini dijatuhkan majelis hakim di Pengadilan Negeri Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (5/5/2021).

"Menjatuhkan pidana penjara empat tahun dan denda Rp100 juta apabila tidak dibayar diganti empat bulan kurungan," ujar majelis hakim.

Majelis hakim mengatakan, hal yang memberatkan putusan adalah Harry tidak mendukung program pemerintah memberantas tindak pidana korupsi. Selain itu, yang dilakukan Ardian terkait penanganan dampak COVID-19.

Sementara, hal yang meringankan vonis adalah Harry belum pernah dihukum, menyesali perbuatannya, dan punya tanggungan keluarga.

Vonis ini sesuai tuntutan jaksa penuntut umum KPK. Sebelumnya, Harry dituntut empat tahun penjara dan denda Rp100 juta subsider empat bulan kurungan.

Direktur Utama PT Hanomangan Sude itu melalui PT Pertani meminta jatah pengadaan paket sembako. Ia terbukti menyuap Juliari mencapai Rp1,28 miliar agar perusahaan miliknya menjadi penyalur paket sembako COVID-19 dengan mendapatkan kuota sebesar 1.519.256 paket.

Baca Juga: [BREAKING] Penyuap Juliari Batubara, Ardian Iskandar, Divonis 4 Tahun Penjara

Topik:

  • Jihad Akbar
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya