[BREAKING] Suami Bupati Probolinggo Jadi Penentu dalam Jual Beli Jabatan Kades

Anggota DPR Fraksi Nasdem Hasan Aminuddin berperan beri ttd

Jakarta, IDN Times - Anggota DPR dari Fraksi NasDem Hasan Aminuddin ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi jual beli jabatan di Kabupaten Probolinggo, yang juga melibatkan istrinya Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari.

KPK menyebut peran Hasan adalah sebagai orang kepercayaan dan representasi dari Puput. Hasan berperan memberikan persetujuan berupa paraf dan nota dinas dalam penentuan orang yang mengisi posisi kepala desa di kabupaten tersebut. 

"Adapun tarif untuk menjadi pejabat kepala desa sebesar Rp20 juta, ditambah dalam
bentuk upeti penyewaan tanah kas desa dengan tarif Rp5 juta per hektare," ujar Alex dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK pada Selasa (31/8/2021) dini hari.

Hasan ditangkap dalam operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Senin, 30 Agustus 2021. Dia ditangkap bersama sang istri dan delapan orang lainnya yang kemudian ditetapkan seluruhnya menjadi tersangka kasus dugaan suap pada Selasa dini hari. Total tersangka yang ditetapkan KPK dalam kasus ini berjumlah 22 orang. 

Atas perbuatan mereka, para tersangka yang diduga sebagai penerima suap disangkakan melanggar Pasal 5 Ayat (1) huruf a atau Pasal 5 Ayat (1) huruf b atau Pasal 13 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat (1) ke 1 KUHP.

Sedangkan, tersangka yang diduga menerima suap disangkakan melanggar Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 ke 1 KUHP.

Baca Juga: [BREAKING] KPK Tetapkan Bupati Probolinggo dan Anggota DPR dari NasDem Tersangka!

Topik:

  • Anata Siregar
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya