Brigita Manohara Akui Diberi Uang Sampai Hadiah dari Bupati Mamberamo

Uang itu akan dikembalikan ke negara

Jakarta, IDN Times - Presenter TV Brigita Purnawati Manohara menyatakan menerima aliran dana dari Bupati Mamberamo Tengah Roicky Ham Pagawak. Hal itu disampaikan Brigita usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Sekadar diketahui, Bupati Mamberamo Tengah itu belakangan menjadi buron KPK, usai menjadi tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi. Lantas berapa uang yang diterima Brigita Manohara, dan apa kaitan dengan dirinya?

1. Brigita akui terima uang karena apresiasi dari Bupati Membramo Tengah

Brigita Manohara Akui Diberi Uang Sampai Hadiah dari Bupati MamberamoBrigita Manohara dikenal sebagai salah satu presenter berita salah satu televisi swasta. (Instagram/brigitamanohara)

Brigita kemudian menjelaskan soal pemeriksaan dirinya oleh KPK hari ini. Menurutnya, dia diperiksa untuk empat tersangka, termasuk Bupati Mamberamo Tengah.

"Pada proses tadi saya menyampaikan fakta bahwa saya pernah mengenal tersangka dan saya pernah menerima aliran dana serta hadiah dari tersangka sebagai apresiasi atas profesi saya yakni presenter dan konsultan komunikasi," kata Brigita di Kantor KPK, Jakarta, Senin (25/7/2022).

Dari keterangan penyidik, diperoleh informasi bahwa uang yang diterimanya ternyata merupakan hasil dari tindak pidana korupsi. Brigita kemudian mengatakan bakal melakukan pengembalian atas uang yang diterimanya ke penyidik.

"Pengembaliannya saya koordinasikan lebih lanjut dengan penyidik."

2. Akui tak punya hubungan khusus dengan Bupati Mamberamo Tengah

Brigita Manohara Akui Diberi Uang Sampai Hadiah dari Bupati MamberamoBrigita Manohara dikenal sebagai salah satu presenter berita salah satu televisi swasta. (Instagram/brigitamanohara)

Pada kesempatan itu, Brigita juga menegaskan bahwa tak ada hubungan khusus dirinya dengan Bupati Mamberamo Tengah tersebut. Dia mengaku dirugikan dengan adanya media yang memberitakan dirinya yang tidak-tidak.

Padahal, kata dia, pemberian uang dan hadiah itu murni karena konsultasi komunikasi yang dilakukan darinya pada Bupati Mamberamo Tengah itu.

"Teman-teman pasti juga pernah merasakan ketika dimintai pendapat berkaitan komunikasi yang kemudian menjadi program. Itu merupakan hal yang biasa. Dan itulah yang saya alami. Tetapi kemudian, beberapa media memelintirnya dan menyatakan bahwa saya punya hubungan dalam tanda petik. Itu sangat mengganggu," kata dia.

"Di sini saya tegaskan, bahwa saya tidak ada hubungan khusus!"

Baca Juga: KPK: Bupati Mamberamo Tengah yang Buron Cuma Lapor Kekayaannya 1 Kali 

3. Berapa uang yang diberikan ke Brigita Manohara?

Brigita Manohara Akui Diberi Uang Sampai Hadiah dari Bupati MamberamoPimpinan KPK memberikan keterangan pers di Gedung Merah Putih KPK pada Rabu (15/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Pada kesempatan itu, Brigita lantas berharap agar tersangka dapat segera ditemukan. Dia juga berharap agar kasus ini segera terungkap secara terang benderang.

Brigita kemudian memilih untuk menutup keran informasi saat ditanya awak media terkait berapa aliran dana yang diterimanya.

"Nanti penyidik yang akan menjelaskan lebih lanjut. Yang penting di sinui saya mau sampaikan bahwa seluruh aliran dana dan hadiah yang dinilai (penyidik KPK) merupakan hasil korupsi, akan saya kembalikan kepada negara," kata dia.

Diketahui, Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak saat ini tengah masuk dalam daftar buron/DPO KPK setelah yang bersangkutan diduga melarikan diri ke Papua Nugini ketika hendak dijemput paksa oleh KPK.

Surat DPObernomor: R/3992/DIK.01.02/01-23/07/2022 telah diteken Ketua KPK Firli Bahuri pada Jumat (15/7).

Dalam surat dimaksud, Ricky yang merupakan kader Partai Demokrat itu dijerat dengan Pasal 12 huruf a atau Pasal 12 huruf b atau Pasal 11 dan/atau Pasal 12 B Undang-undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi(UU Tipikor) Jo Pasal 64 ayat 1 KUHP.

Baca Juga: Dicegah KPK ke Luar Negeri, Bupati Mamberamo Tengah Kabur Lewat Darat

Topik:

  • Rendra Saputra
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya