Comscore Tracker

Buka ACWG G20, Ketua KPK Bicara Krisis Pandemik dan Integritas

KPK berharap ACWG G20 bisa berdampak positif

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri membuka hari pertama pertemuan G20 Anti-Corruption Working Group (ACWG) putaran kedua di Bali. Dalam pidatonya, Firli menyinggung krisis akibat COVID-19 hingga integritas.

Firli mengatakan, pemerintah harus meningkatkan tata kelola yang baik, akuntabilitas, serta integritas pada sektor pelayanan publik dan seluruh aspek kehidupan masyarakat.

“Di mana masing-masing pihak punya peran penting mencegah dan memberantas korupsi. Sehingga spirit pertemuan ini adalah berkolaborasi dan bekerja sama satu sama lain,” kata Firli, Selasa (5/7/2022).

Baca Juga: Sidang Etik Ditunda, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Ada Acara di Bali

1. Firli sebut pentingnya kolaborasi dalam melewati krisis

Buka ACWG G20, Ketua KPK Bicara Krisis Pandemik dan IntegritasKetua KPK Firli Bahuri di Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 putaran kedua di Bali (dok. Humas KPK)

Firli memaparkan, G20 dibentuk setelah krisis keuangan 2008, dan ACWG dibentuk dengan tujuan untuk memastikan tata pemerintahan yang baik dan menegakkan standar internasional melawan korupsi. Agar misi ini berhasil, anggota G20 harus memperkuat kerja samanya.

“Peningkatan kolaborasi antikorupsi sangat penting, terutama karena kita masih menghadapi dampak krisis pandemi, agar kita bersama-sama pulih, pulih lebih kuat,” kata Firli.

2. Wakil Ketua KPK sebut ACWG G20 pertemuan penting

Buka ACWG G20, Ketua KPK Bicara Krisis Pandemik dan IntegritasWakil Ketua KPK Lili Pintauli di Anti-Corruption Working Group (ACWG) G20 putaran kedua di Bali (youtube.com/KPK RI)

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyatakan, pihaknya senang bisa menggelar pertemuan ini meski tidak semua bisa dilakukan tatap muka. Meski begitu, ia menilai pertemuan ini adalah hal yang penting.

"Saya percaya ini penting untuk meminta negara G20 berjalan bersama mendiskusikan masalah korupsi," ujar Lili.

3. KPK berharap ACWG G20 bisa berdampak positif

Buka ACWG G20, Ketua KPK Bicara Krisis Pandemik dan IntegritasGedung Merah Putih KPK (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Diketahui, putaran kedua G20 ACWG berlangsung pada 5-8 Juli 2022 di Bali. KPK sebelumnya berharap, seluruh delegasi bisa bertukar pikiran dan menghasilkan kesimpulan konstruktif pada pertemuan ini.

"Harapannya hasil pembahasan nanti bisa berdampak positif bagi upaya pencegahan maupun pemberantasan korupsi, baik pada tataran domestik, regional, maupun global," ujar Deputi Bidang Informasi dan Data KPK, Mochamad Hadiyana.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Akan Jalani Sidang Etik Secara Tertutup

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya