Bupati Mamberamo Tengah Korupsi, Kemendagri Minta Tanggung Jawab

Kemendagri menyerahkan proses hukum kepada KPK

Jakarta, IDN Times - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akhirnya buka suara tentang Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak, yang saat ini menjadi buronan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kemendagri menilai seharusnya politisi Partai Demokrat itu mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Ini kan belum dinyatakan terbukti (suap) atau tidak. Tapi paling tidak kita harus mempertanggungjawabkan sebagai pejabat publik," ujar Wakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo, di gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (11/8/2022).

Baca Juga: KPK akan Panggil Anggota TNI AD Terkait Bupati Mamberamo yang Buron

1. Kemendagri serahkan proses hukum pada KPK

Bupati Mamberamo Tengah Korupsi, Kemendagri Minta Tanggung JawabWakil Menteri Dalam Negeri, John Wempi Wetipo (IDN Times/Aryodamar)

Wempi mengatakan, Kemendagri menyerahkan proses penanganan kasus dugaan suap yang menjerat Ricky pada KPK. Sebab, Kemendagri hanya berfungsi untuk mengawasi saja.

"Fungsi pengawasan saja (Kemendagri). Kalau soal penindakan, ini kan jadi wewenang KPK. Kalau proses sudah jalan, kita tunggu tindak lanjut KPK saja," ujarnya.

Baca Juga: KPK Usut Transaksi Keuangan Bupati Mamberamo Tengah

2. Bupati Mamberamo Tengah sudah jadi buronan internasional

Bupati Mamberamo Tengah Korupsi, Kemendagri Minta Tanggung JawabBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_HamPagawak)

KPK diketahui telah menetapkan Ricky sebagai buronan usai gagal menangkapnya. Bahkan, ia telah dimasukkan ke dalam daftar buronan internasional.

KPK  meminta bantuan publik untuk melaporkan pada pihak berwajib apabila menemukan Ricky Ham Pagawak. KPK mengatakan, Ricky memiliki tinggi sekitar 160 cm, berat sekitar 80 kg, dan berambut hitam.

Baca Juga: Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur Papua

3. Bupati Mamberamo Tengah diduga kabur ke Papua Nugini

Bupati Mamberamo Tengah Korupsi, Kemendagri Minta Tanggung JawabBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (instagram.com/ricky_hampagawak)

Diketahui, Ricky Ham Pagawak saat ini tengah menjadi buronan KPK. Meski sudah dicegah ke luar negeri, ia diduga berhasil lolos ke Papua Nugini lewat jalur darat.

KPK telah mencari keberadaan Ricky melalui orang terdekat yang diduga membantu proses kaburnya. Saat ini, Tim KPK masih menganalisis keterangan dari pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan.

Baca Juga: KPK Minta Bantuan Interpol Cari Bupati Mamberamo Tengah, Ini Cirinya

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya