Camat Tanah Abang Dikabarkan Dicopot, Buntut Kerumunan di Petamburan?

Sebelumnya wali kota Jakarta Pusat juga dicopot

Jakarta, IDN Times - Lurah Petamburan Setyanto dan Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu dikabarkan dicopot dari posisinya. Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi, mengatakan kedua posisi tersebut kini diisi Plh berdasarkan penunjukan Badan Kepegawaian Daerah DKI.

Posisi Camat Tanah Abang kini diisi oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Jakarta Pusat M Fahmi. Sementara Lurah Petamburan untuk sementara dipegang Kasie Kesejahteraan Rakyat Kecamatan Tanah Abang Wirawan.

"Jadi tidak ada yang kosong, semua terisi semua. Termasuk dari wali kota, camat, lurah," ujar Irwandi saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (2/12/2020).

1. Wali Kota Jakarta Pusat dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup juga dicopot

Camat Tanah Abang Dikabarkan Dicopot, Buntut Kerumunan di Petamburan?IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya Pemprov DKI Jakarta juga mencopot dua pejabat, yakni Kepala Dinas Lingkungan Hidup Andono Warih dan Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara. Pencopotan itu berdasarkan hasil audit Inspektorat DKI Jakarta yang menilai keduanya lalai dan abai terhadap arahan dan instruksi gubernur.

Audit tersebut adalah buntut dari kerumunan simpatisan di kediaman Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu. Hasil audit menemukan jajaran kecamatan, kelurahan, dan Suku Dinas Lingkungan Hidup meminjamkan fasilitas milik Pemprov DKI untuk kegiatan yang bersifat pengumpulan massa.

"Gubernur Anies langsung meminta agar Inspektorat segera melakukan audit dan pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan bahwa terjadi kelalaian dalam melaksanakan perintah," ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta Chaidir, melalui keterangan tertulis, Sabtu (28/11/2020).

Chaidir mengatakan permasalahannya bukan sekadar soal terjadinya peminjaman, tapi soal lima arahan tertulis yang jelas dan tegas dari atasan tidak dilaksanakan dengan baik. Di antara lima butir arahan itu terkait larangan meminjamkan fasilitas Pemprov DKI atau memfasilitasi kegiatan warga yang sifatnya kerumunan atau pengumpulan massa.

"Mereka mengakui dan dikenakan sanksi sesuai ketentuan yang ada," katanya.

Baca Juga: Polisi Antar Surat Panggilan Rizieq Shihab ke Rumahnya di Petamburan

2. Andono dan Bayu dicopot berdasarkan hasil audit

Camat Tanah Abang Dikabarkan Dicopot, Buntut Kerumunan di Petamburan?IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Chaidir menjelaskan, Bayu dan Andono, dicopot dari jabatannya terhitung sejak 24 November 2020. Seusai dicopot, keduanya langsung dimutasi sebagai anggota Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) hingga ada penugasan lebih jauh.

“Pencopotan ini berdasar dari hasil audit inspektorat,” ujar dia.

3. Sejumlah pejabat lain juga dicopot

Camat Tanah Abang Dikabarkan Dicopot, Buntut Kerumunan di Petamburan?Massa simpatisan Rizieq Shihab memasuki kawasan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Selasa (10/11/2020) (IDN Times/Maya Aulia Aprilianti)

Kerumunan massa sejak Rizieq Shihab kembali ke Indonesia dari Saudi Arabia terjadi beberapa kali di dua wilayah hukum, yakni Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat.

Pertama, saat Rizieq tiba di Indonesia dari Arab Saudi pada Selasa (10/11/2020). Saat itu, kerumunan massa menyambut kedatangan Rizieq di kawasan Bandara Soekarno-Hatta.

Kedua, kerumunan di Jalan KS Tubun, Petamburan, Jakarta Pusat, lokasi kediaman Rizieq. Sebagian pendukung Rizieq menyambut meriah di kediamannya yang tidak bisa turut menyambut di bandara.

Ketiga, kerumunan massa kembali terjadi saat Rizieq berkunjung acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Tebet, Jakarta Selatan, dan kawasan Puncak, Bogor, pada Jumat (13/11/2020).

Keempat, kerumunan massa terjadi saat Rizieq menggelar acara pernikahan putrinya di Petamburan. Ia menikahkan putrinya, Sharifa Najwa Shihab, sekaligus menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, pada Sabtu (14/11/2020).

Akibat kerumunan ini selain terjadi klaster COVID-19, juga membuat sejumlah pejabat dipecat. Seperti Kapolda Metro Jaya dan Kapolda Jawa Barat. Kepala KUA yang menikahkan anak Rizieq pun dipecat.

Baca Juga: Polisi Layangkan Panggilan Kedua untuk Rizieq Shihab, Ini Kata FPI

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya