Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur Papua

Penyidikan kasus Bupati Mamberamo Tengah terus dilanjutkan

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus mencari keberadaan Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak yang kini berstatus buronan. Bahkan, KPK sampai menyurati Gubernur Papua Lukas Enembe.

"KPK juga telah berkirim surat ke pihak Gubernur Provinsi Papua sebagai bentuk informasi dan koordinasi, sehingga pihak Pemprov Papua dapat turut membantu mencari keberadaan tersangka dimaksud," ujar Plt Juru Bicara KPK bidang Penindakan Ali Fikri, Senin (1/8/2022).

"Gubernur juga dapat memantau roda pemerintahan di Pemkab Mamberamo Tengah, sehingga tetap berjalan normal," sambungnya.

Baca Juga: Kasus Bupati Mamberamo Tengah, Brigita Manohara Dipanggil KPK Lagi

1. Penyidikan kasus Bupati Mamberamo Tengah terus dilanjutkan

Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur PapuaPLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan Ali Fikri (dok. Humas KPK)

Meski masih menjadi buronan, KPK terus melanjutkan penyidikan dugaan korupsi ini. Sejumlah pesohor sempat diperiksa KPK seperti penyanyi jebolan Indonesian Idol, Nowela Elizabeth Mikelia Aupara dan Presenter TV, Brigita Manohara.

"Tim KPK masih terus melakukan pencarian keberadaan DPO dimaksud, di antaranya meminta keterangan terhadap pihak-pihak yang diduga mengetahui keberadaan dari tersangka," ujar Ali.

2. Membantu tersangka korupsi kabur bisa dipidana

Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur PapuaPLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

KPK meminta tidak ada yang membantu Ricky Ham Pagawak melarikan diri. Sebab, hal itu diatur dalam Undang-Undang dan bisa dikenakan pidana.

"KPK mengimbau agar tersangka RHM dapat kooperatif untuk serahkan diri dan mengingatkan agar pihak-pihak tidak turut membantu persembunyian tersangka, karena itu diancam pidana Pasal 21 UU Tipikor," ujar Ali.

3. Bupati Mamberamo diduga kabur ke Papua Nugini

Cari Bupati Mamberamo Tengah, KPK Minta Bantuan Gubernur PapuaBupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak (Instagram.com/Ricky_HamPagawak)

Diketahui, Bupati Mamberamo yang juga politisi Partai Demokrat saat ini tengah menjadi buronan KPK. Meski sudah dicegah ke luar negeri, ia diduga berhasil lolos ke Papua Nugini lewat jalur darat.

KPK telah mencari keberadaan Ricky melalui orang terdekat yang diduga membantu proses kaburnya Ricky. Saat ini, Tim KPK masih menganalisa keterangan dari pihak-pihak yang sudah dimintai keterangan.

Baca Juga: Brigita Manohara Akui Diberi Uang Sampai Hadiah dari Bupati Mamberamo

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya