Comscore Tracker

Cegah COVID-19, Riza Patria Minta Aktifkan Grup WA RT hingga Kelurahan

Grup WhatsApp itu fungsinya buat apa ya pak Wagub DKI?

Jakarta, IDN Times - Wakil GUbernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menginstruksikan setiap RW di ibu kota melakukan sejumlah langkah untuk memutus mata rantai penularan virus corona atau COVID-19. Hal tersebut ia ungkapkan dalam sebuah rapat yang diunggah di YouTube Pemprov DKI Jakarta.

1. Riza Patria minta dibuat grup WhatsApp dari tingkat RT hingga kelurahan

Cegah COVID-19, Riza Patria Minta Aktifkan Grup WA RT hingga KelurahanWagub DKI Jakarta Riza Patria di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Salah satu yang diminta Riza adalah dibuat dan diaktifkannya grup WhatsApp dari tingkat RT hingga kelurahan. Grup WhatsApp di tingkat RT nantinya beranggotakan perwakilan masing-masing keluarga di RT tersebut.

Kemudian, untuk grup WhatsApp tingkat RW akan beranggotakan perwakilan masing-masing RW di wilayahnya. Sedangkan pada tingkat kelurahan akan beranggotakan perwakilan dari masing-masing RW.

"Jadi, kita minta pak lurah, RW, dan RT buat grup WhatsApp, setiap rumah diwakili satu orang," jelas Riza dalam rapat yang dikutip Senin (24/8/2020).

Baca Juga: Wagub DKI Ungkap 4 Masalah Besar Jakarta Akibat COVID-19, Apa Saja?

2. Setiap RW diminta patroli protokol kesehatan

Cegah COVID-19, Riza Patria Minta Aktifkan Grup WA RT hingga KelurahanWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Selain itu, ia juga meminta setiap RW melakukan patroli protokol kesehatan yakni memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak (3M). Riza mengatakan patroli tersebut bisa dilakukan oleh berbagai elemen masyarakat.

"Karena belum ada vaksin, jadi obat kita yang terbaik 3M," jelasnya.

3. Akses keluar masuk RW perlu dibatasi

Cegah COVID-19, Riza Patria Minta Aktifkan Grup WA RT hingga Kelurahan(Ilustrasi lockdown) IDN Times/M. Tarmizi Murdianto

Ketua DPP Gerindra itu juga meminta setiap RW membatasi akses masuk ke lingkungannya. Tujuannya agar dapat mengontrol dan mengendalikan jumlah orang yang keluar masuk.

"Jadi harus dibatasi, tidak bisa semua akses dibuka," jelasnya.

Baca Juga: Kasus COVID-19 Tembus 155 Ribu, Jakarta Kembali Catat Rekor Tertinggi!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya