Cerita Perjuangan Ibu Muda Melahirkan saat Masa Pandemik COVID-19

Indiana sempat stres karena melahirkan saat pandemik

Jakarta, IDN Times - Perjuangan seorang ibu dalam melahirkan anaknya menjadi tambah berat pada masa pandemik COVID-19. Hal ini juga dirasakan Indiana yang harus melahirkan pertama kali pada masa pandemik.

Ketika mengetahui kabar sedang mengandung bayi pertamanya pada Februari 2020, Indiana tak pernah menyangka ia akan melahirkan pada masa pandemik COVID-19 yang hingga kini belum ada obatnya. Sebab, kehadiran si bayi sudah dinantikan Indiana dan suaminya yang baru saja menikah.

Kepada IDN Times, Indiana menceritakan pengalamannya melahirkan saat pandemik COVID-19. Bagaimana kisahnya?

Baca Juga: 7 Ibu Hamil di Sleman Positif COVID-19 Selama Pandemik

1. Indiana sempat stres karena tahu akan melahirkan saat pandemik

Cerita Perjuangan Ibu Muda Melahirkan saat Masa Pandemik COVID-19Ilustrasi ibu hamil. IDN Times/Arief Rahmat

Ketika mengetahui akan melahirkan saat pandemik, Indiana sempat stres berat. Ia selalu khawatir, apalagi setiap ia membaca berita-berita COVID-19 di media massa.

"Sampai pernah keringat dingin terus tiap kali baca berita corona every day, akhirnya pas lagi libur HP aku off, dari pada makin gila," ujarnya, Minggu (20/12/2020).

2. Sempat tidak mau kontrol ke dokter selama tiga bulan

Cerita Perjuangan Ibu Muda Melahirkan saat Masa Pandemik COVID-19Ilustrasi hamil (IDN Times/Mardya Shakti)

Kondisi Indiana semakin stres karena tak bisa ke mana-mana demi menjaga agar tak tertular virus corona. Bahkan, ia sempat tidak mengontrol kandungannya berbulan-bulan lantaran takut COVID-19.

"Pas awal-awal COVID-19 itu aku gak kontrol ke dokter sampai tiga bulanan, karena anjuran saat itu ke rumah sakit kalau kondisi urgent aja, misal mau lahiran," ujarnya.

3. Indiana sempat ditolak melahirkan karena dari zona merah

Cerita Perjuangan Ibu Muda Melahirkan saat Masa Pandemik COVID-19Personel Satgas Mobile COVID-19 membawa pasien terjangkit virus Corona (COVID-19) saat simulasi penanganan pasien terjangkit Covid-19 di Desa Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, Senin (9/3/2020) (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah/wsj)

Indiana memutuskan melahirkan di kampung halamannya. Namun, menjelang hari kelahiran, ia dan suami sempat kesulitan karena beberapa tempat menolaknya lantaran datang dari Jakarta yang merupakan zona merah COVID-19.

"Tapi alhamdulillah ada yang mau menerima. Aku lahiran di Bidan Ima, tempatnya jauh banget dari rumah, ya sekitar sejam perjalanan," ujarnya.

4. Sebelum melahirkan di bidan, minimal harus rapid test

Cerita Perjuangan Ibu Muda Melahirkan saat Masa Pandemik COVID-19Bayi-bayi lahir direncanakan menyambut tanggal cantik 02-02-20 di RSIA Cahaya Bunda. (IDN Times/Wildan Ibnu)

Ketika Indiana melahirkan, bidan dan para asistennya menggunakan alat pelindung diri lengkap. Minimal, ia juga harus rapid test sebelum melahirkan.

"Kalau misal positif tentu dirujuk ke rumah sakit yang nanganin COVID-19," tutur Indiana.

5. Indiana belum mau ke luar rumah dan menerima tamu meski sudah melahirkan

Cerita Perjuangan Ibu Muda Melahirkan saat Masa Pandemik COVID-19Tim medis mengevakuasi seorang warga negara asing (WNA) terjangkit virus corona (COVID-19) turun dari kapal saat simulasi penanganan virus Corona di Pelabuhan Sukarno Hatta, Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa (10/3/2020). ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Saat proses melahirkan, Indiana merasa beruntung karena bisa berjalan dengan tenang, cepat, dan nyaman. Bahkan, ia sempat makan kurma, minum, hingga menyentuh kepala buah hatinya.

"Ini amazing banget sih bisa lahiran tanpa trauma, tanpa drama teriak-teriak sambil jambak suami," katanya.

Kini, kondisi Indiana dan sang buah hati dalam keadaan sehat. Karena pandemik virus corona belum mereda, ia sampai saat ini belum berani pergi ke luar rumah.

"Pas lahiran juga aku gak mau terima tamu. Kalau pun ada yang datang ya beberapa kerabat dekat aja, itu pun gak menyentuh bayi," ujar Indiana.

Baca Juga: Kisah Ibu dan Balita Terpapar COVID-19, Bagaimana Menghadapinya?

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya