Comscore Tracker

CFD di Jakarta Dibuka Lagi Hari Ini, Terlarang bagi Ibu Hamil dan Anak

Kegiatan jual beli juga masih dilarang

Jakarta, IDN Times - Hari Bebas Kendaraan Bermotor atau Car Free Day (CFD) kembali dibuka hari ini, Minggu (21/6). Namun, karena DKI Jakarta masih dalam status Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) transisi, ada sejumlah pembatasan yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta.

1. Pemprov DKI Jakarta buat jalur terpisah agar tak ada kerumunan

CFD di Jakarta Dibuka Lagi Hari Ini, Terlarang bagi Ibu Hamil dan AnakKepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo di Balai Kota DKI. IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, selain pengaturan waktu dan penerapan protokol kesehatan yang ketat, pada pelaksanaan HBKB pertama di masa transisi PSBB ini akan dilakukan pemisahan lajur jalan untuk pesepeda, olahraga lari, dan jalan kaki.

“HBKB kembali kami adakan, namun penerapan protokol kesehatan wajib dilakukan setiap warga pada setiap aspek kegiatan, termasuk saat kegiatan berolahraga. Untuk itu, kami membuat lajur terpisah agar tidak terjadi kerumunan yang berisiko terjadi penularan COVID-19,” ujarnya melalui keterangan tertulis pada Sabtu (20/6).

Adapun rincian pemisahan lajur tesebut sebagai berikut:

1. Bagi pesepeda disiapkan 3 lajur paling kanan, olahraga lari disiapkan 1 lajur paling kiri, dan trotoar bagi pejalan kaki.

2. Pada segmen jalan hanya terdapat 3 lajur, maka 2 lajur digunakan untuk jalur pesepeda, 1 lajur untuk olahraga lari, dan pejalan kaki diarahkan untuk menggunakan trotoar.

3. Pada segmen jalan di simpang Flyover Karet, 2 lajur sebelah kanan digunakan untuk pesepeda dan 1 lajur paling kiri untuk olahraga lari, dan pejalan kaki diarahkan untuk menggunakan trotoar.

4. Pada segmen Simpang Susun Semanggi, 2 lajur sebelah kanan disiapkan untuk pesepeda, bagi olahraga lari, dan pejalan kaki diarahkan melalui kolong Simpang Susun Semanggi.

Baca Juga: Tak Gunakan Masker saat Car Free Day, Warga Bakal Dikenakan Sanksi

2. Anak-anak dan ibu hamil dilarang ke CFD

CFD di Jakarta Dibuka Lagi Hari Ini, Terlarang bagi Ibu Hamil dan AnakIlustrasi ibu hamil. (IDN Times/Arief Rahmat)

Syafrin mengatakan, sejumlah personel Kepolisian, TNI, Dishub Provinsi DKI Jakarta, dan Satpol PP Provinsi DKI Jakarta akan dikerahkan di sepanjang area HBKB untuk memastikan warga tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Kami terus mengimbau agar warga dalam berolahraga tetap menerapkan protokol kesehatan, menjaga jarak fisik, memakai masker, serta menjaga kebersihan. Selain itu, bagi warga yang rentan terpapar COVID-19 (anak-anak di bawah usia 9 tahun, lansia, dan ibu hamil) agar tetap berada di rumah dan menjaga kebugaran di rumah,” ujarnya.

3. Kegiatan jual beli masih dilarang

CFD di Jakarta Dibuka Lagi Hari Ini, Terlarang bagi Ibu Hamil dan AnakGubernur DKI Anies Baswedan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kegiatan jual-beli yang biasa meramaikan CFD di Jakarta untuk sementara belum boleh dilaksanakan kembali karena adanya potensi menciptakan kerumunan. Menurutnya, aktivitas di CFD seperti berjalan kaki, berlari, hingga bersepeda cenderung lebih bisa menjaga jarak aman.

"Tapi ketika berjualan itu potensinya padat. Karena itu minggu depan kita lakukan CFD hanya untuk olahraga," ujar Anies.

Baca Juga: Anies: Pemerintah Gak Boleh Sok Tahu, Dengarkan yang Berpengalaman 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya