Comscore Tracker

Corona Belum Reda, DKI Sarankan Warga Lomba Agustusan Secara Online

Lomba 17-an kali ini rasanya akan beda

Jakarta, IDN Times - Peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus tahun ini akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Karena pandemik COVID-19 atau virus corona masih melanda, maka lomba-lomba permainan rakyat yang biasa digelar setiap hari kemerdekaan, tampaknya urung dilaksanakan.

Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin menyarankan, masyarakat Jakarta sebaiknya tidak menggelar lomba-lomba seperti tahun-tahun sebelumnya. Sebab, dikhawatirkan bisa memicu terjadinya pelanggaran protokol kesehatan.

"Kalau kegiatan-kegiatan itu menimbulkan kerumunan, tidak bisa dilakukan physical distancing, tidak bisa memastikan orang tertib menggunakan masker, sebaiknya itu tidak dilakukan," jelas Arifin saat dihubungi, Selasa (11/8/2020).

Baca Juga: 51 Kantor di Jakarta Ditutup Sementara karena COVID-19

1. Disarankan lomba digelar secara virtual

Corona Belum Reda, DKI Sarankan Warga Lomba Agustusan Secara OnlineIlustrasi Bekerja Redaksi (IDN Times/Panji Galih Aksoro)

Karena itu, Arifin menyarankan, masyarakat merayakan kemerdekaan secara virtual. Sebagai contoh, menurut Arifin, masyarakat bisa melaksanakan lomba membaca puisi dan cerpen secara virtual.

"Jadi, kegiatan yang bisa menimbulkan kerumunan sebaiknya dihindari dulu dalam situasi pandemik COVID-19," jelasnya.

2. Belum diputuskan apakah pengawasan diperketat atau tidak saat 17 Agustus

Corona Belum Reda, DKI Sarankan Warga Lomba Agustusan Secara OnlineKepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Meski demikian, Pemprov DKI Jakarta disebut belum memutuskan apakah akan membuat pembatasan atau pengawasan terkait pelaksanaan peringatan hari kemerdekaan di tengah pandemik. Namun, ia berharap masyarakat lebih bijak agar tidak terjadi peningkatan kasus COVID-19.

"Kita imbau jauh-jauh hari. Jangan sampai nanti tetap melakukan akhirnya kita terpaksa membubarkan karena melanggar protokol kesehatan," jelasnya.

3. Masyarakat diminta berdiri tegap menyanyikan Indonesia Raya pada 17 Agustus

Corona Belum Reda, DKI Sarankan Warga Lomba Agustusan Secara OnlinePemasangan bendera merah putih di rumah-rumah warga dalam rangka memeriahkan HUT RI yang ke 75 (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Tidak hanya perlombaan, upacara yang biasa dilakukan pada 17 Agustus akan dijalani dengan berbeda.

Pemprov DKI Jakarta menggelar upacara dengan jumlah peserta hanya 100 orang. Selain itu, masyarakat diminta menghentikan kegiatannya dan berdiri tegap di tempat pada pukul 10.17-10.20 WIB dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Baca Juga: Jelang 17 Agustus, Pertamina Tebar Diskon Hari Kemerdekaan Nih!

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya