Dampak Kerumunan Rizieq Shihab, Pemprov DKI  Evaluasi Jajarannya

Apakah ada pencopotan?

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan pihaknya sedang mengevaluasi jajarannya terkait penanganan COVID-19, termasuk terjadinya kerumunan imbas acara yang digelar pendiri Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di sejumlah lokasi di Jakarta.

"Ya pokoknya kita melalukan evaluasi banyak hal," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (25/11/2020).

1. Riza: Kekurangan kita, kelemahan kita, akan dievaluasi

Dampak Kerumunan Rizieq Shihab, Pemprov DKI  Evaluasi JajarannyaWakil Gubernur Riza Patria dalam acara Peringatan Maulid Majelis Ta'lim Al Afaf (Tangkap Layar Youtube.com/Front TV)

Riza mengatakan ada sejumlah hal yang sedang dievaluasi Pemprov DKI Jakarta. Pertama, evaluasi terkait adanya peningkatan kasus COVID-19 di Jakarta dan kedua evaluasi internal Pemprov DKI Jakarta.

"Kekurangan kita, kelemahan kita, kita akan evaluasi (dan) perbaiki," jelas Riza.

Baca Juga: Dipanggil Polisi, Wagub DKI Jakarta Riza Patria Absen

2. Pemprov DKI bantah ada pencopotan pejabat

Dampak Kerumunan Rizieq Shihab, Pemprov DKI  Evaluasi JajarannyaRiza Patria (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Riza membantah adanya pencopotan sejumlah pejabat Pemprov DKI Jakarta imbas dari pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan Rizieq Shihab dan FPI. Sebab, saat ini semuanya masih dalam evaluasi.

"Jadi, nanti pada saatnya hasilnya apa, akan disampaikan Pak Gubernur," kata Riza.

3. Dari Polisi hingga Kepala KUA dicopot terkait Rizieq Shihab

Dampak Kerumunan Rizieq Shihab, Pemprov DKI  Evaluasi JajarannyaKapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sudjana (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Sebelumnya sejumlah kapolda dicopot dari jabatannya karena dinilai tidak mengantisipasi terjadinya kerumunan. Beberapa kapolda yang dicopot antara lain Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Selain itu Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto dan Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy juga dimutasi.

Bahkan Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang, Sukana, dicopot dari jabatannya setelah dinilai abai dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19 setelah menjadi penghulu pada pernikahan anak Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu 14 November 2020.

Baca Juga: Baliho Bergambar Rizieq Shihab di Serang Diturunkan Petugas 

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya