Dapat Dana Rp12,5 Triliun, Bappeda DKI Prioritaskan Penanganan Banjir

DKI dapat pinjaman Rp12,5 triliun dari pemerintah pusat

Jakarta, IDN Times - Pemprov DKI Jakarta akan memprioritaskan pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk pengendalian banjir dan olahraga. Dari Rp12,5 triliun, sebanyak Rp8,9 di antaranya akan digunakan untuk dua bidang tersebut.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta, Nasruddin Djoko, menerangkan kedua program itu memiliki usulan pagu sekitar Rp2,8 triliun untuk pinjaman di tahun 2020 dan Rp6,1 triliun pada tahun berikutnya.

“Paling besar prioritasnya memang di pengendalian banjir, itu yang pertama. Kalau program pengendalian banjir itu sebesar kurang lebih Rp1,7 triliun di tahun 2020, lalu Rp3,6 triliun pada tahun 2021. Sekitar segitu, sekali lagi ini usulan dan kita belum kucurkan,” katanya, Rabu (5/8/2020).

1. Masih berupa usulan

Dapat Dana Rp12,5 Triliun, Bappeda DKI Prioritaskan Penanganan BanjirIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Selain itu, usulan pagu pinjaman program infrastruktur olahraga berada di kisaran Rp1,1 triliun pada 2020 dan Rp2,5 triliun pada tahun berikutnya. Kedua program itu merupakan infrastruktur dasar yang harus dipenuhi.

“Ini usulan kita ya, kami belum berani bilang ini sudah jadi pinjaman tetapi ini masih terus digodok karena ada yang disebut dengan maksimal pagu, syukur kalau ini bisa disetujui,” katanya.

2. Riza Patria sebut dana PEN dipakai untuk program prioritas yang tertunda

Dapat Dana Rp12,5 Triliun, Bappeda DKI Prioritaskan Penanganan BanjirWagub DKI Jakarta Riza Patria di Ruang Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan DKI Jakarta akan memanfaatkan pinjaman Rp12,5 triliun dari pemerintah pusat untuk menuntaskan sejumlah program prioritas yang sempat tertunda seperti program kesehatan, pendidikan, infrastruktur, dan penanganan banjir. Sebab, APBD DKI Jakarta 2020 anjlok 53 persen dari Rp87 triliun menjadi Rp47 triliun akibat COVID-19.

"Pak Gubernur memastikan program-program yang menjadi prioritas di tahun 2020-2021 bisa terus dapat dilaksanakan sesuai dengan optimalisasi APBD dan bantuan dari PT SMI dan juga dari program-program yang kami akan kerjasamakan dengan pihak ketiga atau swasta," katanya.

3. Dana dari PEN akan dimanfaatkan untuk sodetan Ciliwung

Dapat Dana Rp12,5 Triliun, Bappeda DKI Prioritaskan Penanganan BanjirRiza Patria di Danau Sunter, Jakarta Utara (Dok. IDN Times/Istimewa)

Sebagai contoh, Riza mengatakan bahwa dana pinjaman itu akan digunakan untuk sodetan Ciliwung mulai dari penanganan Ciliwung Waduk Situ Embung, drainase vertikal biopori dan penanganan pengadaan pompa banjir.

"Jadi program-program yang sudah direncanakan itu akan kami lanjutkan," katanya.

Baca Juga: Anies Klaim Reklamasi Kawasan Ancol Bisa Cegah Banjir di DKI Jakarta

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya