Comscore Tracker

Demo Dimulai, Mahasiswa: Mosi Tidak Percaya Harus Digaungkan!

Rencananya ada 5 ribu mahasiswa ikut demonstrasi hari ini

Jakarta, IDN Times - Demonstrasi menolak Omnibus Law Undang-Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) yang dilakukan mahasiswa berlangsung di kawasan Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (20/10/2020) siang ini. 

Pantauan IDN Times dari siaran langsung Instagram Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI), tampak sejumlah mahasiswa memakai jas almamater masing-masing sudah memadati Jalan Medan Merdeka Barat.

Baca Juga: Antisipasi Demo Depan Istana, 8 Titik Arus Lalu Lintas Dialihkan

1. Orator serukan mosi tidak percaya

Demo Dimulai, Mahasiswa: Mosi Tidak Percaya Harus Digaungkan!Suasana demonstrasi Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin pada Selasa (20/10/2020) (Tangkap Layar CCTV Bali Tower)

Dalam siaran langsung Instagram BEM SI, sejumlah perwakilan mahasiswa secara bergantian berorasi di mobil komando dengan pengeras suara. Ketika ada yang berorasi, mahasiswa lainnya membentuk lingkaran di sekitar mobil komando dengan saling bergandengan tangan.

Seorang orator yang berasal dari Universitas Negeri Padang yang turut berorasi mengatakan, pengasahan Omnibus Law UU Cipta Kerja pada 5 Oktober lalu, merupakan tragedi besar bagi rakyat. Namun, kata sang orator, pengesahan tersebut di satu sisi menjadi pesta bagi oligarki.

"Maka masih pantaskah kepercayaan kita letakkan kepada bapak ibu kita? Maka Mosi tidak percaya harus digaungkan dari ujung barat hingga timur negeri. Sampaikan ke seluruh negeri bahwa negeri kita sedang tidak baik-baik saja," ujar orator perempuan tersebut.

2. Massa terpantau mulai memadati kawasan Patung Kuda, Medan Merdeka Barat

Demo Dimulai, Mahasiswa: Mosi Tidak Percaya Harus Digaungkan!Suasana demonstrasi Satu Tahun Jokowi-Ma'ruf Amin pada Selasa (20/10/2020) (Tangkap Layar CCTV Bali Tower)

Pantauan IDN Times dari sejumlah CCTV yang tersedia di aplikasi Molecool, tampak mahasiswa mulai memadati kawasan Patung Kuda.

Selain itu, terlihat sesekali beberapa kendaraan melintas di kawasan Patung Kuda, tapi tak bisa melaju ke arah Medan Merdeka Barat yang sudah ditutup.

3. BEM SI kecewa dengan pemerintah

Demo Dimulai, Mahasiswa: Mosi Tidak Percaya Harus Digaungkan!Mahasiswa dari sejumlah Universitas mulai berdatangan di depan Patung Kuda, Jakarta Pusat untuk berunjuk rasa pada Kamis (8/10/2020) (IDN Times/Axel Jo Harianja)

Koordinator Pusat Aliansi BEM SI, Remy Hastian Putra dalam keterangan resminya mengatakan, rencananya ada 5 ribuan mahasiswa dari seluruh Indonesia, yang ikut demonstrasi kali ini. Demo digelar karena mereka kecewa pemerintah mengabaikan penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja dari berbagai elemen di Indonesia.

"Kami sangat menyayangkan keputusan pemerintah yang justru menantang masyarakat untuk melakukan judicial review terhadap UU Cipta Kerja, padahal mereka bisa melakukan tindakan untuk mencabut undang-undang tersebut," jelas Remy, Senin (19/10/2020).

Baca Juga: BEM SI Kembali Demo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja Hari Ini

Topic:

  • Sunariyah
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya