Comscore Tracker

Demo KPK Selesai, Polisi dan Massa BEM SI Bersihkan Sampah Bareng  

Polisi dan BEM SI sempat terlibat saling dorong

Jakarta, IDN Times - Aksi massa aliansi BEM Seluruh Indonesia (BEM SI) di dekat Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin (27/9/2021) telah berakhir. Mereka pun perlahan membubarkan diri dari lokasi.

"Hari ini ada teman-teman mahasiswa menyampaikan aspirasinya dan pukul 15.22 telah bubar dan kembali ke tempat masing-masing," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Azis Andriansyah di lokasi.

Meski sudah selesai, baik polisi maupun aparat masih berada di lokasi untuk duduk-duduk. Selain itu, kedua belah pihak gotong royong membersihkan sampah di lokasi itu.

1. Massa BEM SI tuntut tuntut Firli dipecat

Demo KPK Selesai, Polisi dan Massa BEM SI Bersihkan Sampah Bareng  Aksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Tata Firza)

Dalam aksinya, massa yang tergabung dari berbagai universitas di Indonesia ini membawa spanduk dan poster orasi, bendera Merah Putih dan organisasi. Selain itu, beberapa orang bergantian berorasi di mobil komando menyampaikan sejumlah pendapatnya seperti mendesak Firli mundur.

"Pecat, pecat, pecat si (Ketua KPK) Firli," teriak massa yang dipandu dari mobil komando.

Baca Juga: Demo KPK, Massa BEM SI dan Polisi Berkerumun hingga Saling Dorong

2. Sekitar 600 personel gabungan amankan lokasi

Demo KPK Selesai, Polisi dan Massa BEM SI Bersihkan Sampah Bareng  Aksi BEM SI di Gedung Merah Putih KPK pada Senin (27/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Untuk mengamankan aksi massa ini, aparat mengerahkan hingga 600 personel gabungan di lokasi. Bahkan, petugas memakai alat pelindung diri (APD) disiagakan di lokasi.

"Jangan sampai nanti kalster (penularan virus corona) di sini, kita siap dengan personel yang ber-APD. Itu pun kalau terpaksa kira gunakan, mengingat ini masa pandemi," ujar Wakapolres Jakarta Selatan AKBP Antonius Agus Rahmanto.

Meski demikian, aksi saling dorong itu terjadi beberapa kali. Setelahnya, kondisi kembali kondusif meski kerumunan masih terjadi.

3. KPK klaim selalu dengar aspirasi masyarakat

Demo KPK Selesai, Polisi dan Massa BEM SI Bersihkan Sampah Bareng  Plt. Jubir bidang Penindakan KPK Ali Fikri saat OTT Bupati Kolaka Timur pada Rabu (22/9/2021). (dok. KPK)

KPK angkat bicara mengenai aksi massa tersebut. Melalui Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan mengklaim lembaga antirasuah itu selalu mendengarkan saran dari mahasiswa.

"KPK selalu mendengarkan saran dan masukan dari teman-teman mahasiswa. Sebagai seorang pembelajar, kami yakin teman-teman mahasiswa bisa melihat fakta-fakta secara jernih dan mampu mengelaborasinya dalam gagasan dan aksi yang konkret," ujar Pelaksana Tugas Juru Bicara bidang Penindakan KPK Ali Fikri.

Baca Juga: Massa BEM SI Geruduk Gedung KPK, Serukan Firli Bahuri Dipecat!

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya