Dewas KPK Sudah Minta Klarifikasi Menteri ESDM soal Dokumen Bocor

KPK pastikan penyidikan kasus dana Tukin akan dituntaskan

Jakarta, IDN Times - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif sempat diperiksa Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Ia diperiksa terkait dugaan kebocoran dokumen penyelidikan KPK dalam kasus dana tunjangan kinerja Kementerian ESDM.

"Menteri juga kita sudah klarifikasi, Menteri ESDM," ujar Anggota Dewan Pengawas Syamsuddin Haris, Senin (5/6/2023).

1. Plh Dirjen Minerba ESDM juga sempat diperiksa

Dewas KPK Sudah Minta Klarifikasi Menteri ESDM soal Dokumen BocorMuhammad Idris Froyoto Sihite, Dirjen Minerba Kementerian ESDM (kpi.pertamina.com)

Tak hanya Arifin Tasrif,  Dewas KPK sempat meminta keterangan dari Plh Dirjen Minerba Kementeria ESDM Idris Froyoto Sihite. Selanjutnya, Dewas KPK akan membahas hasil dari pemeriksaan dan pengumpulan data yang telah dilakukan.

"Mudah-mudahan selesai minggu ini," ujarnya.

2. KPK bantah ada kebocoran dokumen penyelidikan

Dewas KPK Sudah Minta Klarifikasi Menteri ESDM soal Dokumen BocorJuru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Juru Bicara KPK Ali Fikri membantah adanya kebocoran dokumen penyelidikan. KPK menantang pengunggah kabar tersebut di media sosial untuk melaporkan kepada Dewan Pengawas KPK.

"Di sana akan diuji, bukan diobral di ruang publik dengan dibumbui narasi bermodalkan asumsi. Laporan harus berbasis data, bukan asal tuduh dan persepsi semata. Sesuai Tupoksinya, Dewas KPK pasti akan tindak lanjuti," ujar Ali, Kamis, 6 April 2023.

3. KPK pastikan penyidikan dugaan korupsi dana tukin akan dituntaskan

Dewas KPK Sudah Minta Klarifikasi Menteri ESDM soal Dokumen BocorJuru Bicara KPK Ali Fikri (IDN Times/Aryodamar)

Ali menegaskan, penyelidikan kasus dana tunjangan kinerja di Kementerian ESDM sudah selesai, dan perkaranya sudah naik ke tahap penyidikan.

Semua pimpinan sepakat telah ditemukan setidaknya dua bukti permulaan cukup, dan pihak yang bertanggung jawab dalam kasus ini.

"Kami akan tuntaskan semua," kata Ali.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya