Comscore Tracker

Dino Patti Djalal Diperiksa KPK Soal Dugaan Korupsi Formula E DKI

Dino memperkenalkan penyelenggara Formula E ke Pemprov DKI

Jakarta, IDN Times - Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat 2010-2013, Dino Patti Djalal, diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan korupsi Formula. 

"Benar," kata PLT Juru Bicara KPK bidang Penindakan, Ali Fikri, Rabu (19/1/2022).

1. KPK minta klarifikasi Dino soal Formula E

Dino Patti Djalal Diperiksa KPK Soal Dugaan Korupsi Formula E DKIMantan Dubes AS Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Ali mengatakan pria yang pernah jadi Juru Bicara Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono itu dipanggil untuk dimintai keterangan dan klarifikasi. Namun KPK masih enggan merinci hasil pemeriksaan karena masih penyelidikan. 

"Karena saat ini masih penyelidikan tentu kami tidak bisa sampaikan materinya," jelas Ali.

Baca Juga: Sirkuit Formula E di Ancol Mulai Dibangun Awal Februari 2022 

2. Dino memperkenalkan penyelenggara Formula E ke Pemprov DKI

Dino Patti Djalal Diperiksa KPK Soal Dugaan Korupsi Formula E DKIEks Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal (Instagram.com/dinopattidjalal)

Dikonfirmasi terpisah, Dino membenarkan telah diperiksa KPK. Ia mengaku adalah pihak yang mengenalkan Pemprov DKI Jakarta dengan penyelenggara Formula E. 

"Jadi peran saya itu di sana yang pertama kali memperkenalkan formula e itu adalah saya," kata Dino.

3. KPK sudah panggil sejumlah saksi terkait Formula E

Dino Patti Djalal Diperiksa KPK Soal Dugaan Korupsi Formula E DKIWidi Amanasto, Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro), Bambang Widjojanto, dan Syaefulloh Hidayat. (IDN Times/Aryodamar)

KPK mulai mengusut kasus ini setelah menerima laporan dari masyarakat mengenai dugaan tindak pidana korupsi. Saat ini KPK masih mengumpulkan informasi awal dengan memanggil sejumlah pihak. 

Pemprov DKI Jakarta juga sempat datang ke KPK untuk menyerahkan dokumen mengenai penyelenggaraan Formula E Jakarta yang diharapkan bisa membantu proses penyelidikan. Saat itu Pemprov DKI diwakili oleh Kepala Inspektorat Pemprov DKI Jakarta, Syaefulloh Hidayat dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) datang ke Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ditemani anggota Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Anies Baswedan, Bambang Widjojanto (BW).

Baca Juga: Kakinya Terjeblos Lumpur di Lokasi Formula E, Giring: Proyek Nyapres! 

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya