Comscore Tracker

Diperiksa Terkait Rizieq, Wagub DKI Ditanya soal Petamburan dan Tebet

Riza Patria diperiksa delapan jam dan dicecar 46 pertanyaan

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria akhirnya selesai diperiksa di Polda Metro Jaya, Senin (23/11/2020). Usai pemeriksaan yang berlangsung sekitar delapan jam, Riza mengaku ditanya 46 pertanyaan oleh penyidik.

"Dalam pelaksanaannya dari jam 11 lewat sampai jam 19, kurang lebih delapan jam, termasuk istirahat siang, sore ashar dan magrib, ada 46 pertanyaan 16 halaman," ujar Riza kepada wartawan di Polda Metro Jaya.

Baca Juga: Usai Anies-Ridwan Kamil, Wagub DKI Diperiksa Terkait Rizieq Hari Ini

1. Riza Patria ditanya soal keumunan di Petamburan dan Tebet

Diperiksa Terkait Rizieq, Wagub DKI Ditanya soal Petamburan dan TebetWakil Gubernur Riza Patria dalam acara Peringatan Maulid Majelis Ta'lim Al Afaf (Tangkap Layar Youtube.com/Front TV)

Riza mengaku ia memberikan sejumlah keterangan kepada penyidik, termasuk soal pelanggaran protokol kesehatan terkait Pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Ia memastikan semua pertanyaan penyidik telah dijawab sesuai fakta yang ada.

"Tadi keterangan yang saya sampaikan terkait identitas diri pekerjaan jabatan tugas, wewenang, dan pertanyaan lain seperti masalah di Tebet dan juga Petamburan," kata dia.

2. Sudah ada 11 pejabat Pemprov DKI Jakarta yang diperiksa terkait Rizieq Shihab

Diperiksa Terkait Rizieq, Wagub DKI Ditanya soal Petamburan dan TebetWakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dipanggil pihak kepolisian terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 pada acara Maulid Nabi di Petamburan, Jakarta Pusat pada Senin (23/11/2020) (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ketua DPD Jakarta Partai Gerindra ini mengatakan, selain dirinya, polisi juga memeriksa Pelaksana Tugas (Plt) Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya. Sehingga, dari pihak Pemprov DKI sudah ada 11 orang yang diperiksa.

"Jadi gubernur sudah, wali kota sudah, Satpol PP, Dinkes, biro hukum, saya Wagub sudah, Dinas Pariwisata sudah, camat (dan) lurah, bahkan saya dengar RT (dan) RW sudah," kata Riza.

3. Riza berharap keterangannya mampu membantu penyidikan kepolisian

Diperiksa Terkait Rizieq, Wagub DKI Ditanya soal Petamburan dan TebetWagub DKI Jakarta Riza Patria di lahan Sawah Abadi, Ujung Menteng, Cakung, Jakarta Timur pada Rabu (15/7/2020) (Dok. Humas Pemprov DKI Jakarta)

Usai diperiksa, Riza menyerahkan penyidikan kasus soal Rizieq Shihab ini kepada Polda Metro Jaya. Ia berharap, keterangan yang sudah disampaikan dapat membantu kinerja kepolisian.

"Kami harapkan dari fakta data ini bisa memberikan keterangan secara jelas rinci dan terang benderang, yang bisa digunakan untuk mengambil kebijakan yang adil dan proporsional," jelasnya.

Baca Juga: Datang ke Polda Metro, Wagub Riza Patria Klarifikasi Kerumunan Rizieq

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya