Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI, Ini Visi dan Misi Andika Perkasa

Andika Perkasa merupakan calon tunggal Panglima TNI

Jakarta, IDN Times - Calon Panglima TNI pilihan Presiden Joko "Jokowi" Widodo, Jenderal Andika Perkasa menjalani uji kepatutan dan kelayakan pada Sabtu (6/11/2021) di Kompleks Parlemen DPR/MPR. Di hadapan Anggota Komisi I DPR, Andika memaparkan sejumlah visi dan misi yang akan dijalankan ketika ia resmi jadi Panglima TNI.

Sebelum menyampaikan visi dan misi, ia memohon maaf kepada anggota DPR karena harusnya anggota dewan libur pada hari sabtu, tapi masuk untuk mengujinya. Ia pun membacakan visi dan misi dalam waktu yang singkat.

"Sesuai dengan perintah Komisi I, saya akan menjelaskan, paling lama 5 menit. Memang ini yang saya siapkan," ujar Andika.

1. Andika tidak ingin TNI dipisahkan dari rakyat

Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI, Ini Visi dan Misi Andika PerkasaIlustrasi TNI. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

Andika menyebut bahwa TNI adalah kita. Maksudnya, TNI tak bisa dipisahkan dari masyarakat.

"Memang sangat singkat tetapi justru di sini saya ingin masyarakat Indonesia, masyarakat internasional melihat TNI sebagai bagian dari mereka," jelasnya.

Baca Juga: DPR Didesak Tak Jadikan Fit and Proper Test Andika Perkasa Formalitas

2. Andika ingin TNI dilihat apa adanya

Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI, Ini Visi dan Misi Andika PerkasaIlustrasi/TNI AD ketika bercengkerama dengan Angkatan Darat Amerika Serikat di Markas Besr TNI AD (Dokumentasi TNI AD)

Andika mengatakan TNI di bawah kepemimpinannya bisa saja bekerja profesional. Namun, ia ingin masyarakat melihat TNI sebagai organisasi yang apa adanya dengan segala kekurangannya tapi tetap melakukan perbaikan.

"Tapi juga bukan berarti kita gak bisa berbuat apa-apa. Tetap banyak yang bisa kita lakukan, keterbatasan pun punya cara berbeda, mengejar yang kita selesaikan," ujarnya.

3. Andika punya 8 fokus kerja

Dipilih Jokowi Jadi Panglima TNI, Ini Visi dan Misi Andika PerkasaCalon Panglima TNI Andika Perkasa di Kompleks Parlemen (IDN Times/Aryodamar)

Kepala Satuan Angkatan Darat ini mengatakan, misi TNI di bawah kepemimpinannya ingin keluar dari UU 34 tentang TNI yakni menegakkan kedaulatan negara keutuhan NKRI dan melindungi segenap bangsa dan tumpah darah. Meski demikian, ia menyampaikan ada 15 program kerja dengan delapan fokus utama.

"Memang kami punya fokus dari 15 tugas," ujar Andika.

Baca Juga: Ditunjuk Jokowi Jadi Panglima TNI, Ini 8 Fokus Andika Perkasa 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya