Comscore Tracker

Diprediksi Capai 71 Ribu Orang, Anies Tak Larang Pendatang ke Jakarta

Jakarta untuk semua katanya

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memprediksi sekitar 71 ribu pendatang baru akan masuk ke ibu kota pada arus balik lebaran tahun 2019 ini.

Jumlah tersebut meningkat dari tahun sebelumnya. Meski demikian, Anies tak akan melarang orang-orang datang ke Jakarta.

Baca Juga: Anies Baswedan Izinkan Takbiran Keliling, Ini Syaratnya

1. Jakarta terbuka untuk semua

Diprediksi Capai 71 Ribu Orang, Anies Tak Larang Pendatang ke JakartaTwitter.com/KeretaApiKita

Anies mengatakan, Jakarta terbuka untuk semua pihak yang ingin datang sehingga Pemprov DKI tidak akan melarang orang luar daerah untuk mengadu nasib di Jakarta melalui operasi yustisi.

"Kami tidak melakukan operasi penangkapan-penangkapan karena memang tidak perlu ada yang ditangkap, semuanya warga negara Indonesia yang berhak untuk bergerak ke mana saja selama mereka berada di wilayah Indonesia," tegas Anies.

2. Anies prediksi jumlah pendatang lebih banyak 2 ribu orang dari tahun lalu

Diprediksi Capai 71 Ribu Orang, Anies Tak Larang Pendatang ke JakartaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies mengungkapkan, tahun lalu jumlah pendatang baru yang masuk ke Jakarta setelah lebaran mencapai 69 ribu orang, angka itu tahun ini diprediksi akan meningkat dua ribu orang lebih banyak.

"Tahun lalu, jumlah pemudik itu 5.865.000 kemudian arus baliknya 5.934.000, selisihnya 69 ribu, tapi angka selisihnya itu dari tahun ke tahun tidak beda banyak. Kalau proyeksi kira-kira sekitar 71 ribu, dibandingkan tahun lalu 69 ribu," kata Anies di Jakarta Barat, Senin (3/6).

3. Warga luar diharapkan tak bergantung pada Jakarta saja

Diprediksi Capai 71 Ribu Orang, Anies Tak Larang Pendatang ke JakartaIDN Times/Reza Iqbal

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI periode 2014-2016 itu berharap, warga luar Jakarta tidak hanya bergantung pada Jakarta untuk mengadu nasib karena saat ini pemerintah sudah masif melakukan pembangunan di berbagai daerah untuk pemerataan ekonomi.

"Kami berharap dengan ada pembangunan di banyak wilayah di Indonesia, maka lapangan pekerjaan pun tersedia di banyak tempat. Kalau dulu, lapangan pekerjaan memang terkonsentrasi di DKI, sekarang ada banyak tempat lapangan kerja, jadi kami berharap itu akan terjadi," jelas Anies.

Baca Juga: Anies Baswedan Izinkan Takbiran Keliling, Ini Syaratnya

Topic:

  • Elfida

Just For You