Disebut Sandiaga Sudah Terlalu Lama Menjomblo, Begini Respons Anies

Anies ingin segera punya pendamping, DPRD DKI buruan dong!

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons ucapan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno yang menyebutnya sudah terlalu lama 'menjomblo'. Anies berharap Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta segera memilih wakil gubernur setelah proses kelengkapan dewan selesai.

"Kita menunggu sampai DPRD nanti mudah-mudahan mereka segera tuntas proses kelengkapan dewan, terus masuk salah satu agenda yang dibicarakan awal," kata Anies usai peresmian JakGrosir di Kepulauan Seribu, Minggu (22/9).

1. Jomblo jadi tantangan tersendiri bagi Anies

Disebut Sandiaga Sudah Terlalu Lama Menjomblo, Begini Respons AniesIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Anies mengatakan, selama satu tahun memimpin Jakarta tanpa wakil, menjadi tantangan tersendiri untuk tetap bisa menjalani tugas.

Hanya saja, kata dia, ada beberapa kegiatan yang harus dihadiri olehnya karena tidak bisa diwakilkan lantaran tidak punya wakil.

"Sudah jalan setahun lebih, jadi Alhamdulillah yang lumayan menantang itu ada acara ramah tamah pemerintah pusat, kalau ada pertemuan-pertemuan kan tidak bisa diwakili," kata Anies.

Baca Juga: Wacana Wagub DKI Lebih dari Satu Orang, Anies: Sampaikan Saja ke Pusat

2. Anies gak mau menunggu sampai tahun depan

Disebut Sandiaga Sudah Terlalu Lama Menjomblo, Begini Respons AniesIDN Times/Panji Galih Aksoro

DPRD DKI Jakarta periode sebelumnya, seharusnya melaksanakan paripurna pemilihan wakil gubernur pengganti Sandiaga Uno, Senin (22/7) lalu. Namun, hal itu batal dilakukan. Beberapa kali rencana paripurna pemilihan wagub ini batal, padahal sudah ada dua calon yang diajukan PKS.

Terkait kondisi ini, Anies pun hanya bisa pasrah dan berharap bisa mendapatkan pasangan sesegera mungkin agar tak sendirian memimpin Jakarta.

"Jangan (sampai) tahun depan dong," ujarnya.

3. Sandiaga kasihan lihat Anies jomblo

Disebut Sandiaga Sudah Terlalu Lama Menjomblo, Begini Respons AniesIDN Times/Fitria Madia

Mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendukung percepatan pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta setelah sekian lama ditinggalkannya.

"Ya saya mendukung supaya segera, kasihan pak Anies (Gubernur DKI Jakarta) jomblonya kelamaan," ujar Sandi di Jakarta, Sabtu lalu.

Posisi wakil gubernur di Provinsi DKI Jakarta sudah kosong selama lebih dari satu tahun setelah Sandiaga Uno mengundurkan diri untuk mengikuti kontestansi Pemilu Presiden 2019 sebagai calon wakil presiden.

Selama satu tahun tersebut, Anies bekerja dibantu oleh deputi-deputi namun hanya untuk urusan administrasi.

Deputi-deputi tersebut adalah Deputi Gubernur Bidang Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Oswar Muadzin Mungkasa, Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan dan Transportasi Sutanto Soehodho, Deputi Gubernur Bidang Pengendalian Kependudukan dan Permukiman Suharti dan Deputi Gubernur Bidang Budaya dan Pariwisata Dadang.

Baca Juga: M Taufik Berpeluang Jadi Cawagub DKI, Jika Ahmad Syaikhu Pilih DPR

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya