Ditinggal Irjen Karyoto Jadi Kapolda, Firli: Terima Kasih Kapolri!

Karyoto akan gantikan Fadil Imran

Jakarta, IDN Times - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengucapkan selamat atas ditunjuknya Irjen Pol. Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya. Ia juga berterima kasih pada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo karena menarik koleganya itu dari KPK.

"Terima kasih kepada Kapolri yang telah memberikan amanah kepada insan KPK yang bersumber dari Polri, Bapak Karyoto, atas promosi jabatan barunya sebagai Kapolda Metro Jaya," ujar Firli Bahuri, Rabu (29/3/2023).

1. Karyoto sudah tiga tahun berkarier di KPK

Ditinggal Irjen Karyoto Jadi Kapolda, Firli: Terima Kasih Kapolri!Deputi Penindakan KPK Karyoto (IDN Times/Aryodamar)

Karyoto sudah tiga tahun meninggalkan instansi asalnya untuk berkarier sebagai Deputi Penindakan dan Eksekusi di KPK. Menurut Firli, kembalinya Karyoto ke kepolisian ini selaras dengan semangat KPK untuk mendorong peningkatan karier insan KPK.

"Termasuk kepada insan komisi yang bersumber dari instansi lainnya, agar mempunyai kesempatan kembali berkarier di instansi asalnya," ujar Firli.

Baca Juga: Kapolda NTT Lebih Tajir Dibandingkan Kapolda NTB

2. KPK akan seleksi jabatan untuk posisi yang ditinggal Karyoto

Ditinggal Irjen Karyoto Jadi Kapolda, Firli: Terima Kasih Kapolri!Wakil Ketua KPK, Nawawi Pomolango (IDN Times/Aryodamar)

Sepeninggal Karyoto, posisi Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK akan diisi oleh seorang pelaksana tugas. Nantinya, akan ada seleksi terbuka untuk mengisi kekosongan posisi secara definitif

"Kami sementara akan menunjuk pelaksana tugas sambil menyiapkan seleksi terbuka terbatas untuk pejabat definitifnya," ujar Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango.

3. Irjen Karyoto gantikan Fadil Imran jadi Kapolda Metro Jaya

Ditinggal Irjen Karyoto Jadi Kapolda, Firli: Terima Kasih Kapolri!Deputi Penindakan KPK Karyoto (IDN Times/Aryodamar)

Seperti diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menunjuk Irjen Karyoto menjadi Kapolda Metro Jaya. Ia menggantikan Fadil Imran yang dimutasi sebagai Kabaharkam Polri.

Adapun Irjen Fadil menggantikan Komjen Pol Arief Sulistyanto yang dimutasi dalam rangka pensiun.

Mutasi tersebut termuat dalam Surat Telegram Rahasia Kapolri Nomor ST/713/III/KEP/2023 tertanggal 27 Maret 2023.

Baca Juga: Pejabat KPK Mengaku Pernah Kena Pungli Lurah di Medan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya