Dituding Tak Tegas Hadapi Rizieq Shihab, Satpol PP: Sudah Ada Tindakan

Satpol PP sebut ada prosedur dan syarat terkait kasus Rizieq

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membantah tidak bersikap tegas terhadap kerumunan yang dibuat pemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, ketika mengadakan resepsi pernikahan putrinya Syarifah Najwa Shihab di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu 14 November 2020.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin mengatakan, pihaknya telah berupaya meminimalkan pelanggaran protokol kesehatan sebelum acara itu dilaksanakan.

“Pemprov dalam hal ini Satpol PP tidak diam dan terus melakukan pengawasan dan pendisiplinan, penegakan protokol COVID. Gak ada bilang gak tegas. Kita kan ada prosedurnya, ada syaratnya,” kata Arifin saat dihubungi, Senin (16/11/2020).

Baca Juga: Rizieq Shihab Nikahkan Putrinya Hari Ini, Tokoh dan Ulama Akan Hadir

1. Pemerintah disebut sudah bertindak dengan mengirim surat ke Rizieq Shihab

Dituding Tak Tegas Hadapi Rizieq Shihab, Satpol PP: Sudah Ada TindakanPimpinan FPI Rizieq Shihab (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Arifin menjelaskan, Pemerintah Kota Jakarta Pusat sudah bersurat kepada keluarga Rizieq Shihab untuk menaati protokol kesehatan sebelum acara dilaksanakan. Menurutnya, itu salah satu upaya yang sudah dilakukan pemerintah untuk meminimalkan pelanggaran.

“Kemarin kan sudah ada tindakan juga. Pak Wali Kota sudah bersurat (kepada Rizieq Shihab dan FPI) mengingatkan agar mematuhi protokol dan sebagainnya,” ujar dia.

2. Pelanggar sudah didenda termasuk yang tidak menggunakan masker

Dituding Tak Tegas Hadapi Rizieq Shihab, Satpol PP: Sudah Ada TindakanKepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin (Instagram/SatpolPP.DKI)

Arifin mengklaim, Pemprov DKI Jakarta juga telah mengganjar penyelenggara dengan denda Rp50 juta karena adanya kerumunan orang ketika acara berlangsung. Kemudian, orang-orang yang tak memakai masker juga didenda oleh Satpol PP DKI Jakarta.

"Kita juga melakukan pengawasan dan penindakan, ada 36 orang yang tidak memakai masker. Kita sudah tindak,” jelasnya.

3. Pernikahan puteri Rizieq Shihab, Syarifah Najwa Shihab, diprotes banyak pihak

Dituding Tak Tegas Hadapi Rizieq Shihab, Satpol PP: Sudah Ada TindakanGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menemui Rizieq Shihab di kediamannya di Petamburan, Jakarta Pusat pada Selasa (10/11/2020) (Twitter.com/DPPFPI_ID)

Sebelumnya Rizieq Shihab juga menggelar acara pernikahan puterinya, Syarifah Najwa Shihab, dibarengi dengan acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Pernikahan yang digelar di kawasan Petamburan itu menuai protes banyak pihak. Sebab, acara itu mengundang kerumunan massa yang bahkan hingga menutup Jalan KS Tubun.

Kecaman itu juga dilontarkan warganet hingga pegiat media sosial, hingga masalah itu menjadi trending topic di medsos.

Baca Juga: Rizieq Shihab Nikahkan Putrinya, Lalu Lintas Petamburan Akan Dialihkan

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya