Comscore Tracker

Dituduh Prioritaskan Trotoar Ketimbang Tangani Banjir, Ini Kata Anies

Politikus PDI Perjuangan sebelumnya mengkritik Anies

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjawab kritikan DPRD DKI Jakarta yang menilai dirinya lebih memprioritaskan revitalisasi trotoar ketimbang penanganan banjir.

Ia memastikan bahwa pengerjaan waduk sebagai penanggulangan banjir dan pembangunan trotoar sama-sama diprioritaskan.

"Bahkan tadi pagi secara khusus kita tunjukkan apa yang kita kerjakan di Waduk Pluit misalnya. Jadi pengerukan-pengerukan jalan terus di waduk-waduk kita," kata Anies saat ditemui di Balai Agung Balai Kota Jakarta, Senin (11/11) malam.

1. Pemprov DKI Jakarta sudah berupaya tangani banjir

Dituduh Prioritaskan Trotoar Ketimbang Tangani Banjir, Ini Kata AniesANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Anies mengatakan Pemprov DKI Jakarta telah berusaha agar banjir yang menjadi masalah Jakarta setiap musim hujan tidak terjadi dengan cara mengeruk aliran air seperti di waduk dan sungai. 

"Kalau yang namanya banjir, pada akhirnya itu adalah soal curah hujan juga. Jadi usaha yang kita lakukan adalah ikhtiar manusianya. Insya Allah kita aman," ujar Anies. 

2. DPRD krtitik kebijakan Anies

Dituduh Prioritaskan Trotoar Ketimbang Tangani Banjir, Ini Kata AniesIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelumnya, Ketua Komisi D DPRD DKI Ida Mahmudah mengkritisi Dinas Bina Marga DKI Jakarta dalam pembahasan Kebijakan Umum APBD Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) karena mengajukan dana sebesar Rp 1,2 triliun pada 2020 untuk melakukan pembangunan trotoar sebanyak 103 kilometer. 

"Kok justru program prioritas dia trotoar? Sebentar lagi yang rawan banjir nih, kenapa tidak konsentrasi bahwa waduk itu yang harus diperbaiki?" kata Ida Mahmudah di Ruang Komisi D. 

3. Pemprov DKI harusnya genjot perbaiki waduk

Dituduh Prioritaskan Trotoar Ketimbang Tangani Banjir, Ini Kata AniesIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Menurut Ida, Pemprov DKI seharusnya memprioritaskan perbaikan waduk-waduk dan aliran sungai yang ada di Ibu Kota agar dapat menampung air saat hujan sehingga meminimalisir potensi banjir.

"Harusnya kan gitu. Ini kan prioritas program nasional. Macet, banjir, ini kan harus segera diselesaikan. Tapi kalau saya melihat konsentrasinya justru di anggaran ini yg lumayan besar, di trotoar, sama di penataan RW," jelasnya.

Baca Juga: Didukung NasDem untuk Nyapres 2024, Anies: Masyaallah, Rileks Dulu!

Topic:

  • Dwi Agustiar

Just For You