Djarot PDIP Beri Saran Anies Soal Perubahan 22 Nama Jalan di Jakarta

Anies sebut ingin menghormati seniman betawi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan yang juga mantan Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat, memberikan saran pada Gubernur Anies Baswedan terkait perubahan 22 nama jalan di Jakarta. Menurutnya, Anies lebih baik memanusiakan budayawan Betawi daripada hanya sekadar mengganti nama jalan.

"Kalau menurut saya urgensinya lebih baik, kita lebih memanusiakan ya para seniman-seniman betawi, para budayawan betawi, itu yang harus dibangun. Termasuk juga nilai-nilai budaya betawi itu yang harus ditonjolkan, karena kalau gak begitu mati loh ya, kalau gak begitu hilang loh ya," jelas Djarot di Gedung ACLC KPK, Jakarta Selatan, Senin (27/6/2022).

"Ini kalau menurut saya itu lebih strategis daripada sekadar mengganti nama jalan," sambungnya.

1. Djarot bantah kritik Anies

Djarot PDIP Beri Saran Anies Soal Perubahan 22 Nama Jalan di JakartaPolitikus PDIP, Djarot Saiful Hidayat. (IDN Times/Uji Sukma Medianti)

Meski begitu, ia tidak masalah dengan kebijiakan Anies mengubah 22 nama jalan menjadi tokoh betawi. Sebab, menurutnya hal tersebut hanya saran pada Anies dan jajaran Pemprov DKI Jakarta.

"Ini bukan kritikan ya, tetapi ini masukan. Evaluasi kan boleh, dievaluasi kan boleh toh, jadi begitu, silakan ganti nama jalan, silakan tidak apa apa ya. Tapi yang lebih penting itu kalau menurut saya," ujarnya.

Baca Juga: Apa Urgensi Anies Baswedan Ganti Nama Jalan di Jakarta?

2. Pengubahan nama jalan untuk mengenal seniman betawi

Djarot PDIP Beri Saran Anies Soal Perubahan 22 Nama Jalan di JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (IDN Times/Aryodamar)

Menurut Anies Baswedan, ada banyak seniman betawi yang berjasa di ibu kota. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengenang jasa seniman betawi di ibu kota.

"Ini akan mencerminkan di kota ini ada banyak pribadi-pribadi yang berjasa,” kata Anies, di Gedung Balai Kota DKI Jakarta, Senin (27/6/2022).

3. Anies ingin menghormati seniman betawi

Djarot PDIP Beri Saran Anies Soal Perubahan 22 Nama Jalan di JakartaGubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (IDN Times/Aryodamar)

Anies mengatakan, Jakarta adalah kota perjuangan. Begitu banyak pahlawan yang berjasa di kota tersebut. Oleh karena itu, ia ingin Jakarta menghormati dan mengenang jasa para pahlawan serta tokoh-tokoh seniman yang melegenda.

“Kita menghormati, mengenang, dan memberi inspirasi dengan mengabadikannya dan menjadi nama jalan di Jakarta,” terangnya.

Baca Juga: 22 Nama Jalan Baru DKI Jakarta, di Masing-masing Wilayah

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya