Comscore Tracker

Djarot: PDIP Bisa Maju Tanpa Koalisi di Pemilu 2024, Lebih Aman 

PPP, PKB, dan Golkar sudah bentuk koalisi

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat, mengungkapkan bahwa pihaknya belum memikirkan koalisi untuk Pemilu 2024.

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu tidak terganggu dengan kehadiran Koalisi Indonesia Bersatu yang didirikan Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Golongan Karya.

"Untuk koalisi itu nanti-nanti saja dulu. Lebih baik kita berikan pada masyarakat dulu, bukankah PDI bisa maju sendiri ya lebih aman," ujar Djarot di Gedung KPK Penunjang, Jakarta Selatan, Rabu (18/5/2022).

1. PDIP fokus konsolidasi dan pendidikan politik

Djarot: PDIP Bisa Maju Tanpa Koalisi di Pemilu 2024, Lebih Aman Ilustrasi PDIP. Dok IDN Times/bt

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengatakan, partainya saat ini fokus melakukan konsolidasi dan pendidikan politik. Selain itu, PDIP disebut fokus membantu rakyat dengan mengawal program pascapandemik.

"Jadi kita masih belum berpikir pada koalisi-koalisi seperti itu. Kita lebih mementingkan skala prioritas bagaimana membantu rakyat pascapandemik COVID-19," ujarnya.

Baca Juga: PDIP soal Koalisi di Pilpres 2024: Banyak Parpol Mau Gabung 

2. Djarot tidak khawatir PDIP tertinggal dari partai lainnya

Djarot: PDIP Bisa Maju Tanpa Koalisi di Pemilu 2024, Lebih Aman instagram.com/djarotsaifulhidayat

Djarot tidak khawatir melihat Koalisi Indonesia Bersatu maupun partai-partai lainnya yang sudah memasang 'kuda-kuda' jelang Pemilu 2024. Sebab, hal itu bukan prioritas partainya.

"Bagi PDI Perjuangan yang terpenting bagaimana bisa membantu rakyat," ujarnya.

3. PPP, PKB, dan Golkar sudah bentuk koalisi

Djarot: PDIP Bisa Maju Tanpa Koalisi di Pemilu 2024, Lebih Aman Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Soeharso Monoarfa di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (12/5/2022). (IDN Times/Melani Putri)

Diketahui, sejumlah partai politik sudah membentuk koalisi dan melakukan komunikasi politik jelang Pemilu 2024. Terbaru,  PPP-PKB-Golkar mendeklarasikan Koalisi Indonesia Bersatu.

Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto, menyebut koalisi ketiga partai itu dinamakan Bertiga Bersatu. Dia mengatakan slogan itu merupakan lambang dari persatuan ketiga parpol tersebut.

“Namanya Bertiga Bersatu. Bersatunya adalah Beringin, Matahari, dan Ka'bah,” tuturnya.

Baca Juga: Rocky Gerung soal Penjajakan PPP, PAN, Golkar: Koalisi Apaan?

Topic:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya