DKI Targetkan Pembangunan Parkir Sepeda di Stasiun MRT Selesai 2019

Halte bus juga akan tersedia parkir sepeda

Jakarta, IDN Times - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan akan terus mendorong masyarakat meninggalkan kendaraan pribadi, untuk mobilitas sehari-hari. Selain menyediakan moda transportasi ramah lingkungan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga menggalakkan bersepeda di jalanan Jakarta.

Puluhan kilometer jalur sepeda sudah mulai dibangun Pemprov DKI, dengan harapan masyarakat beralih ke sepeda. Anies juga menyediakan parkir sepeda di Stasiun Moda Raya Terpadu (MRT).

"Sekarang stasiun-stasiun MRT di pintu masuk dan keluarnya akan disediakan parkir sepeda. Jadi teman-teman yang menggunakan kendaraan umum untuk bisa menggunakan sepeda," kata Anies, Jakarta, baru-baru ini.

Baca Juga: Kerap Diserobot Pemotor, Penegakan Aturan di Jalur Sepeda Harus Tegas

1. Halte bus juga diberi fasilitas parkir sepeda

DKI Targetkan Pembangunan Parkir Sepeda di Stasiun MRT Selesai 2019IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Tak hanya Stasiun MRT, Anies mengatakan, pihaknya juga bakal memberikan fasilitas parkiran sepeda di halte-halte bus. Sehingga warga bisa memarkir sepeda dan berpindah ke transportasi umum. 

"Nanti juga kita taruh di halte-halte, sehingga kita bisa menggunakan sepeda untuk first mile dan last mile dalam menggunakan kendaraan umum. Karena kendala kita itu dari rumah sampai halte, dan dari halte sampai tempat kerja dan kalau itu kita gunakan sepeda, maka itu akan jauh lebih efisien," kata dia.

2. Ditargetkan akhir 2019 rampung semua fasilitas untuk sepeda

DKI Targetkan Pembangunan Parkir Sepeda di Stasiun MRT Selesai 2019IDN Times/Gregorius Aryodamar P

Mantan menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI itu menargetkan hingga akhir 2019 segala fasilitas infrastruktur jalur sepeda di Jakarta terpenuhi. Sehingga, semakin banyak masyarakat yang beralih menggunakan moda transportasi yang tak mengeluarkan emisi gas buang.

"Akhir 2019 semua harus memiliki tempat parkir sepeda yang cukup. Strateginya ada dua dibangun ada yang menggunakan baru dimatangin, sehingga nantinya stasiun-stasiun kereta api, MRT, ada tempat yang cukup," kata Anies.

3. Beberapa stasiun MRT sudah siap tempat parkir sepeda

DKI Targetkan Pembangunan Parkir Sepeda di Stasiun MRT Selesai 2019IDN Times/Gregorius Aryo Damar

Sementara, Direktur PT MRT Jakarta William Sabandar mengatakan, pihaknya memang sudah menyiapkan tempat-tempat sepeda di stasiun MRT yang memiliki jalur layang. 

"Jadi mulai dari Lebak Bulus, kemudian Fatmawati, kemudian Cipete tadi juga sudah ada di Haji Nawi sampai ke Blok M. Prosesnya memang sekarang ini sedang dilaksanakan, kalau hari ini yang kelihatan di Lebak Bulus, kemudian di Cipete, Haji Nawi," kata William.

Baca Juga: Panduan dan Cara Naik MRT di Jakarta, Ikuti Pula Tips-tipsnya Ya!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya