DKI: Warga Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta Berhak Mendapat Bansos

Sejauh ini bantuannya bukan BLT tapi sembako

Jakarta, IDN Times - Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah memastikan ada penambahan jumlah penerima bantuan sosial bagi warga miskin dan rentan miskin yang terimbas COVID-19 atau virus corona pada tahap kedua. Pada tahap pertama Pemprov DKI membagikan 1,2 juta paket bansos, kini menjadi sekitar dua juta orang.

1. Warga berpenghasilan di bawah Rp5 juta masuk kriteria penerima Bansos

DKI: Warga Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta Berhak Mendapat BansosBantuan Sosial yang diberikan langsung oleh Menteri Sosial (Dok. Kemensos)

Irmansyah mengatakan bahwa pemutakhiran data penerima bansos tahap kedua akan melibatkan unsur RW hingga RT. Nantinya warga dalam kategori miskin atau rentan miskin akan didata.

"Kalau kriteria dari RW kan ada formulirnya. Antara lain penghasilannya di bawah Rp 5 juta," ujarnya, Rabu (6/5).

Baca Juga: Ini Alasan Bansos PSBB Pemprov DKI Jakarta Sempat Terlambat Disalurkan

2. PD Pasar Jaya disebut telah menyiapkan Bansos

DKI: Warga Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta Berhak Mendapat BansosBantuan untuk warga DKI Jakarta selama PSBB (Facebook/Pemprov DKI Jakarta)

Menurutnya, PD Pasar Jaya yang bertanggung jawab untuk menyalurkan bansos telah mulai menyiapkan paket-paket sembako. Sehingga diharapkan tidak ada keterlambatan penyaluran.

"Mohon doanya supaya tidak ada masalah," ujarnya.

3. PD Pasar Jaya masih tetap berikan bansos, bukan BLT

DKI: Warga Berpenghasilan di Bawah Rp5 Juta Berhak Mendapat BansosBantuan untuk warga DKI Jakarta selama PSBB (Facebook/Pemprov DKI Jakarta)

Sebelumnya, Komisi A DPRD DKI Jakarta mengusulkan agar Pemprov DKI Jakarta mengganti bansos dengan bantuan langsung tunai (BLT). Terkait itu, Irmansyah masih enggan berkomentar lantaran belum ada arahan dari Gubernur Anies Baswedan.

"Sejauh ini persiapan kami tetap bentuknya sembako ya. PD Pasar Jaya sudah menyiapkan sejak sekarang," ucapnya.

Baca Juga: Mensos: Bansos Tahap 1 dan 2 Gunakan Data Lama, Berikutnya Diperbarui

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya