Comscore Tracker

DPRD DKI Jakarta Lanjutkan Pemilihan Wagub DKI Akhir Mei

Sebentar lagi Jakarta punya wagub?

Jakarta, IDN Times - Setelah menggantung cukup lama di DPRD DKI Jakarta, akhirnya proses pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta yang baru akan kembali menemukan titik terang.

Ketua DPRD DKI Prasetyo Edi Marsudi mengonfirmasi perihal kelanjutan pemilihan wagub DKI. Pras mengatakan bahwa pemilihan wakil gubernur melalui paripurna akan dilaksanakan sesegera mungkin.

1. Pemilihan Wagub DKI akan dilaksanakan setelah rapim

DPRD DKI Jakarta Lanjutkan Pemilihan Wagub DKI Akhir MeiIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Sebelum melanjutkan proses pemilihan wagub, DPRD DKI rencananya akan melaksanakan rapat pimpinan terlebih dahulu untuk melakukan pembahasan.

"Nanti secepatnya setelah tanggal 22 Mei kita akan gelar rapim (rapat pimpinan)," ujarnya, Senin (13/5).

Baca Juga: Tepis Isu Balik Jadi Wagub, Sandiaga: Masyarakat DKI Harus ‘Move On’

2. Pimpinan pansus telah dipilih

DPRD DKI Jakarta Lanjutkan Pemilihan Wagub DKI Akhir MeiIDN Times/Denisa Tristianty

Politikus PDIP itu mengatakan pihaknya telah nenunjuk ketua dan wakil panitia khusus (pansus) pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta.

"Ketua pansusnya itu pak Ongen Sangaji dan Wakilnya Pak Bestari Barus," kata Pras.

Bestari merupakan Ketua Fraksi Partai Nasdem sedangkan Ongen Sangaji merupakan Ketua Fraksi Partai Hanura.

3. DKI Jakarta sudah tak memiliki wakil gubernur 260 hari

DPRD DKI Jakarta Lanjutkan Pemilihan Wagub DKI Akhir Mei(Sandiaga Uno berpelukan dengan Anies Baswedan di kantor Balai Kota) www.instagram.com/@sandiuno

260 hari yang lalu mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno secara resmi menyatakan mundur dari posisinya untuk maju sebagai calon wakil presiden RI pendamping Prabowo Subianto. Pernyataan itu ia sampaikan dalam rapat paripurna DPRD DKI Jakarta, Senin 27 Agustus 2018.

“Sehubungan dengan pencalonan saya sebagai calon Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024, maka dengan ini saya Sandiaga Salahuddin Uno menyatakan berhenti dari jabatan saya sebagai Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Masa Jabatan 2017-2022,” ujarnya saat itu.

Setelah tak lagi menjabat, Sandiaga yakin dirinya tak akan lupa saat-saat menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. “Saya gak akan pernah lupa momen-momen 10 bulan bersama berjuang membangun DKI yang warganya maju dan bahagia,” ungkapnya.

Baca Juga: Penjelasan Sandiaga soal Isu Akan Duduk Kembali di Kursi Wagub DKI

4. Kedua Cawagub merupakan kader PKS

DPRD DKI Jakarta Lanjutkan Pemilihan Wagub DKI Akhir MeiInstagram/@agungy

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra beberapa waktu lalu mengumumkan dua nama cawagub hasil uji kepatutan dan kelayakan. Dua nama itu yakni Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Agung dan Syaikhu dipilih berdasarkan hasil rekomendasi tim panelis.

"Dua nama yang akan disampaikan ke Gubernur nanti Insya Allah adalah Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu," ujar Ketua DPW PKS DKI Jakarta Syakir Purnomo.

Agung Yulianto adalah Sekretaris DPW PKS DKI Jakarta sedangkan Syaikhu merupakan mantan Wakil Wali Kota Bekasi 2013-2018 dan calon Wakil Gubernur Jawa Barat dalam Pilkada Jabar 2018 yang kini maju sebagai calon anggota DPR RI daerah pemilihan Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Baca Juga: Anies Harap DPRD DKI Segera Tentukan Wagub Usai Pileg 2019

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You