Dugaan Korupsi Barang Tanggap Darurat COVID-19, KPK Geledah 4 Lokasi

Sudah banyak lokasi di Bandung Barat yang digeledah KPK

Jakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi terus melakukan penyidikan terkait dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana pandemik COVID-19 pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020.

Teranyar, KPK menggeledah empat lokasi berbeda pada akhir pekan kemarin selama dua hari.

1. KPK geledah tiga lokasi pada Sabtu lalu

Dugaan Korupsi Barang Tanggap Darurat COVID-19, KPK Geledah 4 LokasiPlt Jubir Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri (Dok. Humas KPK)

Pada Sabtu, 20 Maret 2021 Tim Penyidik KPK lebih dulu menggeledah tiga rumah yang diduga merupaka rumah-rumah dari sejumlah pihak terkait kasus tersebut. Sayang, KPK belum mengungkapkan siapa yang dimaksud.

Rumah yang digeledah berlokasi di Desa Cicangkanggirang, Sindangkerta, Bandung Barat; Buah Batu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat; Desa Mekarsari, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

"Di tiga lokasi ini telah ditemukan dan diamankan bukti di antaranya berbagai dokumen dan barang elekronik yang diduga terkait perkara," kata Pelaksana Tugas Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (22/3/2021).

 

Baca Juga: KPK Sita Barang Bukti Dugaan Korupsi Alat Darurat COVID Bandung Barat

2. KPK juga melakukan penggeledahan pada hari Minggu

Dugaan Korupsi Barang Tanggap Darurat COVID-19, KPK Geledah 4 LokasiGedung KPK (IDN Times/Aryodamar)

Tim Penyidik KPK kembali melanjutkan penggeledahan di rumah berbeda pada Minggu, 21 Maret 2021. Kali ini KPK mengeledah sebuah rumah di Cimareme, Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

"Untuk lokasi penggeledahan tersebut ditemukan dan diamankan bukti berupa barang elekronik yang terkait dengan perkara," ujar Ali.

"Selanjutnya bukti-bukti tersebut segera dianalisa untuk diajukan penyitaannya guna menjadi bagian kelengkapan berkas perkara penyidikan dimaksud," tambahnya.

 

3. KPK sudah geledah beberapa lokasi

Dugaan Korupsi Barang Tanggap Darurat COVID-19, KPK Geledah 4 LokasiGedung Komisi Pemberantasan Korupsi (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, KPK juga telah menggeledah rumah Bupati Bandung Barat, Aa Umbara. Selain kediaman Aa Umbara, KPK juga menggeledah empat kantor dinas di Bandung Barat yakni Dinas Sosial, (Dinsos), Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

KPK diketahui juga sudah menggeledah rumah anak Ada Umbara, Andri Wibawa, tempat pemotongan ayam milik pengusaha Totoh Gunawan, dan kantor Bupati Bandung Barat, dan CV Sentral Sayuran Garden City di Lembang. Penggeledahan ini bertujuan untuk mengumpulkan barang bukti terkait kasus yang tengah diselidiki

 

Baca Juga: MAKI Minta KPK Umumkan Tersangka Korupsi Lahan Rumah DP Rp0 di Munjul 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya