Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Luhut Pandjaitan Jadi Menteri Ad Interim 

Edhy menteri Jokowi pertama di periode ke-2 yang ditangkap

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ditunjuk menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim. Penunjukan Luhut menindaklanjuti ditangkapnya Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Dalam rangka efektivitas pelaksanaan tugas dan fungsi KKP, maka Menteri Sekretaris Negara telah mengeluarkan surat penunjukkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan Ad Interim," bunyi Surat Edaran Nomor: B-835/SJ/XI/2020 yang dikutip IDN Times, Rabu (25/11/2020).

Baca Juga: Menteri KKP Ditangkap KPK, Keponakan Prabowo Subianto: Duh, Belum Tahu

1. Hanya humas yang berhak menyatakan pendapat pada pihak eksternal

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Luhut Pandjaitan Jadi Menteri Ad Interim Kantor Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan dijaga ketat oleh petugas keamanan (IDN Times/Shemi)

Dalam surat tersebut disebutkan bahwa pegawai KKP yang terkait dengan kebijakan Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/PERMEN-KP/2020 tentang Pengelolaan Lobster (Panulirusspp), Kepiting (Scyllaspp.), dan Rajungan (Portunusspp) di Wilayah Negara Republik Indonesia agar dapat menyiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan kebijakan tersebut.

"Agar seluruh pegawai di lingkungan KKP tetap menjaga soliditas internal KKP. Informasi yang disampaikan ke pihak eksternal Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) hanya dilakukan oleh pejabat yang mengemban tugas dan fungsi kehumasan," bunyi Surat yang ditandatangani Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar itu.

2. Seluruh pegawai KKP diminta hormati proses hukum dan bekerja seperti biasa

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Luhut Pandjaitan Jadi Menteri Ad Interim Kantor Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo, Gedung Mina Bahari IV Kementerian Kelautan dan Perikanan dijaga ketat oleh petugas keamanan (IDN Times/Shemi)

Dalam surat yang yang ditandatangani Rabu (25/11/2020) ini disebutkan bahwa pegawai KKP harus menghormati proses hukum yang dilaksanakan KPK. Selain itu, pegawai juga diminta bekerja seperti biasa.

"Seluruh pegawai di lingkungan KKP agar tetap bekerja seperti biasa dan melaksanakan tugas secara optimal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, menjaga kesehatan, baik di rumah, di perjalanan dan di tempat kerja," ujar Antam.

3. Edhy Prabowo dan istri ditangkap sepulang dari Hawai

Edhy Prabowo Ditangkap KPK, Luhut Pandjaitan Jadi Menteri Ad Interim Edhy Prabowo bersama dengan istri. Instagram.com/edhy.prabowo

Edhy Prabowo beserta istrinya, Iis Rosita Dewi dan sejumlah pihak ditangkap KPK di Bandara Soekarno Hatta pada Rabu (25/11/2020) pukul 01.23 dini hari. Ia ditangkap oleh tim yang dipimpin Novel Baswedan setibanya dari Hawaii. Edhy sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rutan KPK yang berada di Gedung Merah Putih mulai malam ini.

Baca Juga: Pejabat KKP Nyatakan Ada Kejanggalan Ekspor Benih Lobster

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya