Comscore Tracker

Eks Pegawai KPK Bentuk Pengurus IM57+ Institute, Ada Novel Baswedan

IM57+ merupakan wadah eks pegawai KPK dalam bidang korupsi

Jakarta, IDN Times - Eks Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang tergabung dalam IM57+ Institute telah membuat anggaran dasar untuk membentuk kepengurusan dan fokus organisasi. Dalam kepengurusan itu terdapat eks penyidik KPK, Novel Baswedan.

"Pada tanggal 22-23 November 2021, IM57+ Institute mengadakan rapat anggota guna merumuskan Anggaran Dasar yang menegaskan posisi organisasi sebagai perkumpulan independen, yang merupakan wadah gerakan anti korupsi yang kontributif dan partisipatif," ujar Ketua IM57+ Institute, Praswad Nugraha, Selasa (23/11/2021).

"Untuk itu, IM57+ Institute memilih tiga garis perjuangan yang terdiri dari Investigasi Independen, Penelitian dan Kajian, serta Pendidikan dan Sosialisasi," sambungnya.

Baca Juga: Eks Pegawai KPK Dinilai Bakal Kesulitan Dirikan Partai Politik Baru

1. IM57+ Institute merupakan wadah eks pegawai KPK dalam bidang korupsi

Eks Pegawai KPK Bentuk Pengurus IM57+ Institute, Ada Novel BaswedanKoordinator Pelaksana IM57+ Institute/Eks Penyidik KPK, Praswad Nugraha (IDN Times/Athif Aiman)

Praswad mengatakan, IM57+ Institute merupakan wadah gerakan yang akan memfasilitasi para anggota eks KPK dalam berkontribusi mengawal pemberantasan korupsi di Indonesia. Kepengurusan yang terbentuk ini akan berlaku selama tiga tahun ke depan.

"Anggota IM57+ Institute merupakan orang-orang yang telah dikembangkan kapasitasnya dengan uang rakyat dan berkontribusi untuk pemberantasan korupsi. Perkumpulan ini menjadi wadah gerakan yang akan memfasilitasi para anggota eks KPK dalam berkontribusi mengawal pemberantasan korupsi di Indonesia," jelas Praswad.

2. Berikut susunan pengurus IM57+ Institute

Eks Pegawai KPK Bentuk Pengurus IM57+ Institute, Ada Novel Baswedan57 Pegawai nonaktif mendatangi KPK pada Kamis (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Berikut susunan pengurus IM57+ Institute:

Ketua: Mochamad Praswad Nugraha

Dewan Penasehat:

  1. Novel Baswedan
  2. Sujanarko
  3. Hotman Tambunan
  4. Chandra Resksodiprojo
  5. Heri Murianto

3. IM57+ diinisiasi oleh eks pegawai KPK yang gagal TWK

Eks Pegawai KPK Bentuk Pengurus IM57+ Institute, Ada Novel BaswedanNovel Baswedan (kiri), Yudi Purnomo (tengah), datangi Gedung KPK bersama 57 Pegawai Nonaktif KPK pada Rabu (30/9/2021). (IDN Times/Aryodamar)

Diketahui, pembentukan IM57+ Institue diinisiasi oleh 57 eks pegawai KPK yang dipecat karena tak lolos tes wawasan kebangsaan dalam rangka alih status menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Praswad sebelumnya mengatakan, latar belakang pendirian kelompok ini diawali rasa memiliki utang dari mantan pegawai terhadap publik. Menurutnya, pengalaman, keahlian hingga pendidikan yang dimiliki para mantan pegawai merupakan sumbangsih uang rakyat yang disalurkan lewat pajak.

Baca Juga: Dipecat KPK, 57 Eks Pegawai Sampaikan Nota Keberatan ke Firli Cs 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya