Fakta-fakta Terkini Gempa Magnitudo 6,7 yang Mengguncang Malang

Gempa terasa dari Yogyakarta, Surabaya, hingga Lombok

Jakarta, IDN Times - Gempa berkekuatan magnitudo 6,7 terjadi di Malang, Jawa Timur pada Sabtu (10/4/2021). Gempa yang pertama kali terjadi sekitar pukul 14.00 WIB itu juga terasa di berbagai daerah mulai dari Yogyakarta hingga Lombok. Meski demikian, belum dilaporkan adanya kerusakan akibat gempa itu.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Bambang dalam keterangannya.

Berikut fakta-fakta terkini yang dihimpun IDN Times.

1. Gempa Terasa dari Yogyakarta hingga Lombok

Fakta-fakta Terkini Gempa Magnitudo 6,7 yang Mengguncang MalangIlustrasi Seismogram (IDN Times/Arief Rahmat)

Bambang Prayitno mengatakan bahwa gempa dirasakan hampir semua warga di Karangkates, Malang, dan Blitar. Selain itu, banyak warga di Kediri, Trenggalek, Jombang III-IV MMI, Nganjuk, Ponorogo, Madiun, Ngawi, Yogyakarta, Lombok Barat, Mataram, Kuta, Jimbaran, Denpasar yang merasakan gempa di dalam rumah.

"Di Mojokerto, Klaten, Lombok Utara, Sumbawa, Tabanan, Klungkung, Banjarnegara gempa dirasakan beberapa orang, benda-benda menggantung bergoyang," jelas Bambang.

Baca Juga: [BREAKING] BMKG: Gempa Magnitudo 6,7 di Malang Tak Berpotensi Tsunami

2. Tidak Berpotensi Tsunami

Fakta-fakta Terkini Gempa Magnitudo 6,7 yang Mengguncang MalangIlustrasi gelombang tsunami. (IDN Times/Sukma Shakti)

Bambang meminta masyarakat tetap tenang. Sebab, gempa yang berada di 8.95 LS dan 112.48 BT dengan kedalaman 25 Km, atau berada di 90 km barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur tak berpotensi tsunami.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," kata Bambang.

3. Gempa Membuat Panik Warga

Fakta-fakta Terkini Gempa Magnitudo 6,7 yang Mengguncang MalangIlustrasi Berlindung Saat Gempa (IDN Times/Sukma Shakti)

Gempa itu sempat membuat warga panik. Salah satunya adalah Ulqi Rifatul, warga Pandegiling, Surabaya, Jawa Timur yang saat itu sedang menyuci di lantai dua rumahnya lari ke luar rumah setelah merasakan gempa. Menurutnya, beberapa beberapa perabot rumah bergerak saat gempa.

"TV di rumah goyang-goyang, semua orang di rumah pada keluar rumah takut ada gempa susulan," ujar perempuan 25 tahun itu kepada IDN Times.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Magnitudo 6,7 Guncang Malang 

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya