Genggaman Erat Menlu Retno Marsudi pada Anak Sutopo BNPB

Retno tiba dengan balutan pakaian serba hitam

Depok, IDN Times - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi melayat ke kediaman keluarga Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Raffles Hills, Depok, Jawa Barat, Minggu (7/7).

Pantauan IDN Times di lokasi, Minggu malam (7/7), Retno tiba di rumah duka pada pukul 21.07 WIB. Dia hadir menggunakan pakaian serba hitam, termasuk kepalanya yang ditutupi dengan balutan kain songko bewarna hitam. 

Begitu tiba di halaman depan rumah duka, Retno langsung disambut putra Sutopo bernama Ivanka Rizaldy. Menlu nampak memegang erat tangan Ivanka sembari mengucapkan belasungkawa. 

Retno juga disambut baik oleh ayah Sutopo, Suharsono Harsosaputro beserta istri dan sanak keluarganya.

Namun, Retno belum bersedia memberikan pernyataan apapun kepada awak media. Ia langsung memasuki kediaman Sutopo, begitu keluar dari kendaraannya. 

Sutopo meninggal dunia saat menjalani perawatan untuk mengobati kanker paru di Guangzhou St. Stamford Modern Cancer Hospital, Minggu (7/7) pukul 02.20 waktu Guangzhou, Tiongkok. Sutopo dirawat di Guangzhou sejak 15 Juni 2019 lalu.

Saat mengembuskan napas terakhirnya, Sutopo didampingi istrinya, Retno Utami Yulianingsih, keluarga terdekat, dan komunitas warga Indonesia di Guangzhou.

Sutopo didiagnosis menderita kanker paru stadium IVB. Kanker yang dideritanya telah menyebar ke tulang dan beberapa organ vital tubuh.

Sejak divonis kanker akhir Desember 2017 lalu, ia masih gigih melakukan upaya pengobatan, maupun dalam menginformasikan berbagai bencana yang terjadi di Indonesia, selama 2018 hingga pertengahan 2019.

Jenazah Sutopo diterbangkan pada Minggu sore (7/7) dari Guangzhou, Tiongkok. Jenazah diperkirakan tiba di Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng, pada Minggu pukul 20.30 WIB.

Kepala Bidang Humas BNPB Rita Rosita seperti dikutip dari Antara mengatakan jenazah Sutopo akan dibawa dari Tiongkok menuju Jakarta menggunakan pesawat Garuda Indonesia, dan selanjutnya akan dimakamkan keesokan harinya di Boyolali.

Sebelum dimakamkan di kampung halamannya tersebut, jenazah Sutopo terlebih dulu disemayamkan di rumah duka, kompleks Raffles Hill, Cibubur, Depok, Jawa Barat.

Sutopo meninggal pada umur 50 tahun dan meninggalkan seorang istri, Retno Utami Yulianingsih, serta dua anak, Muhammad Ivanka Rizaldy Nugroho dan Muhammad Aufa Wikantyasa Nugroho.

Baca Juga: Berprestasi Sejak SD, Begini Sosok Sutopo BNPB di Mata Sang Ayah

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya