Gerindra Serahkan Kursi Wagub DKI Jakarta ke PKS

Amanat langsung dari Prabowo Subianto

Jakarta, IDN Times - Proses pencarian wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta pengganti Sandiaga Uno yang sempat alot akhirnya semakin menunjukkan titik terang.

Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Sakhir Purnomo mengungkapkan bahwa kursi wagub DKI sudah dimandatkan kepada Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

1. Prabowo mengamanatkan kursi wagub DKI pada PKS

Gerindra Serahkan Kursi Wagub DKI Jakarta ke PKSIDN Times/Nofika Dian

Sakhir mengungkapkan bahwa keputusan pemberian kursi wagub pada PKS merupakan amanat langsung dari Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Hal tersebut pun telah disepakati bersama oleh Gerindra-PKS.

“Tadi juga sudah disepakati bahwa kursi itu diamanatkan dan dimandatkan kepada PKS,” katanya selepas mengikuti rapat tertutup Gerindra-PKS di kantor DPD Gerindra, Jakarta Timur, Senin (5/11).

Baca Juga: Polemik Kursi Wagub DKI, PKS Optimis Prabowo Tidak Ingkari Janji

2. PKS-Gerindra akan buat badan bersama

Gerindra Serahkan Kursi Wagub DKI Jakarta ke PKSIDN Times/Gregorius Aryodamar

Selain itu, PKS-Gerindra juga sepakat untuk membuat badan bersama yang dibuat untuk fit and proper test calon wakil gubernur yang diajukan. Sakhir mengungkapkan bahwa pembentukan badan tersebut merupakan usulan bersama antara kedua partai dan akan dilaporkan segera ke DPP PKS agar bisa melakukan fit and proper test.

“Langkah pertama akan kami laporkan dulu ke DPP. InsyaAllah pada pertemuan berikutnya kami akan buat timeline serta mekanismenya,” ujar dia.

Baca Juga: Rebutan Bangku Wagub DKI, Taufik Tantang PKS di DPRD

3. PKS berpeluang mengajukan lebih dari dua calon untuk fit and proper test

Gerindra Serahkan Kursi Wagub DKI Jakarta ke PKSANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lebih lanjut Sakhir mengatakan kalau DPP PKS sudah menetapkan dua nama calon yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Namun, PKS tak menutup kemungkinan adanya nama-nama baru selain mereka.

“DPP PKS sudah menetapkan dua nama yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Namun, kami tetap membuka peluang akan ditambah lagi,” ungkap Sakhir.

4. Gerindra masih berpeluang isi kursi wagub asalkan…

Gerindra Serahkan Kursi Wagub DKI Jakarta ke PKSIDN Times/Irfan Fathurohman

Ketua DPD DKI Jakarta, Muhammad Taufik secara terpisah mengungkapkan bahwa partai Gerindra masih berpeluang untuk mengisi kursi wagub DKI. Namun, Gerindra harus menunggu mekanisme yang akan dilalui calon-calon wagub dari PKS.

“Mereka kan belum tentu lolos fit and proper test. Jadi nanti akan ada pertemuan lagi,” ujarnya.

Baca Juga: Mendagri Minta Kursi Wagub DKI Segera Diisi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya