Hadapi Banjir Jakarta, Anies Minta Kerja Sama Warga

Warga diminta mengecek lingkungan sekitarnya

Jakarta, IDN Times - Musim penghujan telah tiba. Sebagai kota yang kerap dilanda banjir, Jakarta pun harus segera berbenah agar bencana tak lagi terjadi.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan pihaknya siap untuk menghadapi risiko banjir ketika musim hujan datang. Namun, Anies tetap berharap bantuan warga.

1. Pemprov DKI siapkan tim siaga bencana

Hadapi Banjir Jakarta, Anies Minta Kerja Sama WargaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah menyiapkan tim siaga bencana untuk mengantisipasi banjir di wilayah DKI akibat hujan deras. Tak hanya itu, Anies mengungkapkan juga telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas jika hal tersebut terjadi.

“Kami akan menyiapkan tim siaga bencana, bila ternyata terjadi banjir di wilayah yang sudah ada pattern-nya, siap untuk bertindak. Termasuk juga rekayasa lalin yang nanti akan dilakukan di daerah yang ada potensi banjir,” jelasnya di kawasan Bundaran HI, Minggu, (25/11).

Baca Juga: Ini Penjelasan Anies Soal Pencopotan Waring Kali Item

2. Anies minta warga segera lapor

Hadapi Banjir Jakarta, Anies Minta Kerja Sama WargaIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Meski telah menyiapkan tim siaga bencana, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itupun mengimbau warga untuk segera melapor bila ditemukan genangan atau saluran air tersumbat. Harapannya agar hal tersebut segera teratasi dan tak ada banjir.

“Warga diminta mengecek lingkungan sekitarnya aman. Bila ada kotor atau hambatan (pada saluran air) laporkan, nanti petugas Pemprov akan bekerja,” ujar Anies.

3. Anies siapkan 450 pompa cegah banjir di Jakarta Utara

Hadapi Banjir Jakarta, Anies Minta Kerja Sama WargaANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Selain menyiapkan tim, Anies mengaku juga menyiapkan sejumlah pompa untuk mengatasi genangan maupun banjir khususnya di Jakarta Utara.

“Ada 450 lebih pompa yang itu diaktifkan saat genangan terjadi di tempat yang lebih rendah, apakah itu di underpass atau di daerah yang secara umum permukaan tanahnya rendah. Di situ digunakan pompa,” jelasnya.

Baca Juga: Monitor 30 Titik Banjir Jakarta, Anies Siagakan 1.400 Relawan

4. Mobil pemadam telah disiagakan

Hadapi Banjir Jakarta, Anies Minta Kerja Sama WargaInstagram/@aniesbaswedan

Sebagai upaya mengantisipasi kejadian darurat di lokasi yang terbiasa banjir, Pemprov DKI juga menyiapkan kendaraan pemadam kebakaran secara mobile. Sehingga saat dibutuhkan petugas bisa cepat bergerak.

“Bila dibutuhkan kondisi emergency di tempat yang biasanya tidak terjadi genangan,” katanya.

5. Hujan deras sempat landa Jakarta

Hadapi Banjir Jakarta, Anies Minta Kerja Sama WargaANTARA FOTO/Septianda Perdana

Beberapa hari lalu kawasan Jakarta dan sekitarmya sempat dilanda hujan lebat. Akibatnya sejumlah pohon pun tumbang hingga mengganggu arus lalu lintas. Bahkan, beberapa waktu lalu hujan es sempat terjadi di kawasan Sudirman-Thamrin.

Baca Juga: Anies Baswedan Inspeksi ke Daerah Langganan Banjir Jakarta

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya